Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerhati Pendidikan Nilai Teks Pidato Nadiem Makarim Mengandung Pesan untuk Membentuk Guru Tangguh

Pemerhati dan Praktisi Pendidikan 4.0 Indra Charismiadji menganggap Mendikbud Nadiem Makarim sudah punya gambaran mengenai pendidikan di Indonesia.

Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Pemerhati Pendidikan Nilai Teks Pidato Nadiem Makarim Mengandung Pesan untuk Membentuk Guru Tangguh
Youtube Kompas TV
Pemerhati dan Praktisi Pendidikan 4.0 Indra Charismiadji menganggap Mendikbud Nadiem Makarim sudah punya gambaran mengenai pendidikan di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerhati dan Praktisi Pendidikan 4.0, Indra Charismiadji menganggap Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Nadiem Makarim sudah punya gambaran mengenai pendidikan di Indonesia.

Tanggapan Indra Charismiadji disampaikan dalam acara Kompas Petang yang kemudian diunggah oleh kanal YouTube KompasTV, Minggu (24/11/2019).

Dalam acara tersebut Indra Charismiadji membahas mengenai isi teks pidato Nadiem Makarim untuk peringatan Hari Guru yang jatuh pada hari ini, Senin (25/11/2019).

Sebelumnya, isi teks pidato Nadiem Makarim tersebut sempat viral di media sosial.

"Dengan beliau mengeluarkan statement seperti ini (teks pidato Nadiem Makarim untuk peringatan Hari Guru), saya yakin beliau sudah punya gambaran apalagi dengan kajian di Pasuruan (sekolah rubuh), memang butuh kolaborasi," jelas Indra Charismiadji.

Indra Charismiadji kemudian berharap tim Nadiem Makarim mampu membuat perubahan di bidang pendidikan.

Merangkul pemerintah daerah dan Kementerian Agama, serta kementerian lain terkait untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Viralnya pidato Mendikbud, Nadiem Makarim saat peringati Hari Guru Nasional 2019
Viralnya pidato Mendikbud, Nadiem Makarim saat peringati Hari Guru Nasional 2019 (Tribunnews.com dan Tangkapan layar website kemendikbud.go.id)
BERITA TERKAIT

"Saya menyarankan bahwa timnya Mas Menteri ini akan banyak merangkul pemerintah daerah, kementerian agama, kementerian lain yang berhubungan, dengan mulai bersama sama membangun SDM yang unggul," ungkapnya.

Indra Charismiadji menilai ada pesan yang ingin disampaikan Nadiem Makarim dalam teks pidatonya untuk peringatan Hari Guru.

Yakni membentuk guru-guru tangguh yang berinovasi.

"Membentuk guru-guru yang tangguh, membentuk guru-guru yang bisa berinovasi, membuat Nadiem-Nadiem Makarim yang baru, itu kalau saya lihat pesannya demikian," jelas Indra.

Lebih lanjut, Indra menilai bahwa isi teks pidato tersebut menyiratkan jika Nadiem Makarim menyadari bahwa kunci dari pembangunan SDM adalah guru.

"Berarti beliau itu menyadari memang kunci dari pembangunan SDM itu adalah guru-guru, ujung tombaknya guru-guru," terangnya.

Indra Charismiadji menganggap apa yang dilakukan dan disampaikan oleh Nadiem Makarim sudah tepat.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas