Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wesel di Stasiun Jakarta Kota telah Digunakan Sekitar 50 Tahun, PT KAI Lakukan Revitalisasi

PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Gambir.

Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Wesel di Stasiun Jakarta Kota telah Digunakan Sekitar 50 Tahun, PT KAI Lakukan Revitalisasi
Dokumentasi Andri
Fokus pada peningkatan pelayanan yang mengutamakan keselamatan, serta meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan Kereta Api (KA), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan melakukan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota, secara paralel yang akan berlangsung selama 11 hari, 13 - 23 Februari 2020. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta melakukan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel.

Untuk diketahui, wesel pada jalur rel kereta api merupakan salah satu elemen prasarana penting bagi perjalanan kereta api, yang berfungsi untuk memindahkan jalur kereta api.

Selain di Stasiun Gambir, penggantian wesel juga dilakukan di Stasiun Jakarta kota.

Penggantian wesel pada dua stasun tersebut dilakukan secara paralel dan dijadwalkan berlangsung selama 11 hari, mulai Kamis (13/2/2020) hingga Minggu (23/2/2020) mendatang.

Nantinya, terdapat dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda).

Ilustrasi pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Ilustrasi pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Tribunnews.com/Reza Deni Saputra)

Sementara itu, terdapat empat wesel yang akan diganti di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2.

Wesel tersebut akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

BERITA TERKAIT

Selain sebagai komitmen PT KAI dalam meningkatkan pelayanan yang mengutamakan keselamatan serta meminimalisir terjadinya gangguan perjalanan kereta api, terdapat sejumlah alasan lainnya yang melatarbelakangi penggantian wesel ini. 

Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, menyampaikan, unit wesel di emplasemen Jakarta Kota telah dioperasikan sekitar 50 tahun.

Sementara, unit wesel di emplasemen Gambir telah dioperasikan selama kurang lebih 28 tahun.

Menurutnya, sejak dioperasikan pertama kali, unit wesel di emplasemen Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Gambir belum pernah dilakukan penggantian.

Baca: Kurangi Antrean KRL, PT KAI Daop I Ganti Wesel Lama di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota

"Meskipun proses perawatan terus dilakukan, namun jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada komponen wesel maka proses perbaikan akan sulit dilakukan lantaran suku cadang pada wesel Inggris yang saat ini terpasang sudah tidak diproduksi pabrikan lagi," kata Dadan dalam keterangan tertulis pada Tribunnews.com, Kamis (13/2/2020) siang.

Dadan menambahkan, penggantian wesel di Stasiun Gambir juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur pada saat kereta api melintas di stasiun tersebut.

Untuk saat ini, kondisi eksisting pada jalur 3 dan 4 tidak dapat melintas ke jalur hilir atau arah Jakarta Kota.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas