Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Sorotan Publik di Pilkada 2020 Pada Pilwalkot Medan dan Solo

Qodari mengatakan tidak adanya kota-kota besar yang menggelar pesta demokrasi rakyat membuat perhatian masyarakat tertuju pada Pilwalkot Solo dan Meda

Sorotan Publik di Pilkada 2020 Pada Pilwalkot Medan dan Solo
setkab.go.id
Pilkada Serentak 2020 - Pendaftaran petugas Pemilu seperti PPK/PPS untuk Pilkada Serentak 2020, telah dibuka. Simak syarat-syaratnya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kota Solo dan Kota Medan mendapat sorotan masyarakat. Hal ini tidak lepas karena sosok yang digadang-gadang maju kepala daerah dari dua kota itu terkait dengan Presiden Joko Widodo.

Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Jokowi diusulkan untuk maju di Pilwalkot Solo. Sedangkan, Bobby Nasution, suami dari Kahiyang Ayu, maju di Pilkada Medan.

Direktur Eksekutif, M. Qodari mengatakan tidak adanya kota-kota besar yang menggelar pesta demokrasi rakyat membuat perhatian masyarakat tertuju pada Pilwalkot Solo dan Medan.

Baca: Hasil Final Badminton Asia Team Championship 2020, Pasangan Dadakan Ahsan/Fajar Pastikan Gelar Juara

Baca: VIRAL Menkes Terawan Salahkan Pembeli Masker, Singgung Pendapat Pejabat WHO

"Ada anak dan menantu (Jokowi,-red) mau maju dan merencanakan sebagai walikota. Wilayah besar tidak ada, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta sudah lewat," kata Qodari, di sesi pemaparan hasil survei nasional “Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin” di Hotel Century Park Senayan, Minggu (16/2/2020) siang.

Namun majunya Gibran dan Bobby menimbulkan pro dan kontra di kalangan elite. Ada yang setuju dan tidak setuju. Dalam survei Indobarometer Januari 2020, pro dan kontra ini diuji pada publik nasional.

"Ternyata cukup banyak masyarakat Indonesia yang tau dan mendapat informasi Gibran maju sebagai Walikota Solo. Adapun Bobby Nasution, masyarakat lebih sedikit mendengar atau mendapat informasi akan maju menjadi
walikota medan,” tutur Qodari.

Dia menjelaskan, Indo Barometer menemukan sebanyak 51.4 persen publik tahu atau pernah mendengar berita atau informasi bahwa Gibran Rakabuming Raka (Gibran), akan maju sebagai calon Walikota Kota Solo dan yang tidak mengetahui 39.3 persen.

Berbeda dengan Gibran, Bobby Nasution (Bobby) sebanyak 33.6 persen publik tahu atau pernah mendengar berita atau informasi bahwa Bobby Nasution (Bobby), akan maju sebagai calon Walikota Kota Medan pada Pilkada mendatang dan yang tidak mengetahui sebesar 57.0 persen.

Selain itu berdasarkan survei, sebesar 67.5 persen mayoritas masyarakat menerima jika Gibran Rakabuming Raka (Gibran), putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan maju sebagai calon Walikota Kota Solo pada Pilkada mendatang, adapun yang tidak menerima 23.7 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas