Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Indo Barometer: Prabowo, Menteri Paling Dikenal Publik di Kabinet Jokowi

"Wajar ya, Pak Prabowo (Subianto) paling terkenal. Dia sudah tiga kali nyapres," kata Qodari

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Survei Indo Barometer: Prabowo, Menteri Paling Dikenal Publik di Kabinet Jokowi
HANDOUT
Menteri Pertahanan H Prabowo Subianto menerima peserta Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan (LK) Kemhan/TNI TA. 2019 di Gedung Kementerian Pertahanan Jakarta, Kamis (13/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan pertama menteri yang paling dikenal publik dan mempunyai kinerja bagus.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif, M. Qodari, pada sesi pemaparan hasil Survei Nasional “Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional Dalam 100 Hari Jokowi-Amin” di Hotel Century Park Senayan, Minggu (16/2/2020) siang.

"Wajar ya, Pak Prabowo (Subianto) paling terkenal. Dia sudah tiga kali nyapres," kata Qodari, di Hotel Century Park Senayan, Minggu (16/2/2020) siang.

Berdasarkan hasil survei dari Indo Barometer, 10 menteri yang paling dikenal oleh publik adalah Prabowo Subianto (18.4%), Sri Mulyani Indrawati (10.6%), Erick Thohir (8.2%).

Kemudian, Mohammad Mahfud MD (7.9%), Nadiem Anwar Makarim (5.3%), Luhut B Panjaitan (5.2%), Tito Karnavian (5%), Moeldoko (3.2%), Edy Prabowo (2.5%), Pramono Anung (2.2%).

Adapun, 10 menteri yang dinilai publik mempunyai kinerja bagus adalah Prabowo Subianto (26.8%). Kemudian Sri Mulyani Indrawati (13.9%), Erick Thohir (12.6%), Mohammad Mahfud MD (7.3%).

Lalu, Nadiem Anwar Makarim (5.2%), Basuki hadi muljono (1.8%), Syahrul yasin Limpo (1.4%), Muhammad Tito Karnavian (1.4%), Muhadjir Effendy (0.9%), dan Luhut B Panjaitan (0.9%).

Baca: DVI Polda Papua Tuntaskan Identifikasi 12 Korban Helikopter Jatuh di Pegunungan Mandala

BERITA TERKAIT

Melihat hasil survei tersebut, Qodari menilai tepat keputusan Prabowo menerima posisi sebagai menteri di pemerintahan Joko Widodo.

Baca: Kisah Ningsih Tinampi, Dukun Terapi Asal Pandaan, Pasuruan, yang Mendadak Viral

"Jadi keputusan politik Pak Prabowo tepat ya. Panggung politik tampaknya terus bertahan sampai 2024," ujarnya.

Baca: Kisah Haru Driver Ojol Kirim Pesanan dari Jogja ke Jakarta demi Wanita Hamil yang Lagi Ngidam

Namun, dia meminta Prabowo untuk tidak berpuas diri. Sebab, tidak menutup kemungkinan menteri yang paling terkenal dan mempunyai kinerja bagus dapat diganti oleh presiden atau tidak dipertahankan kembali.

Jika dibandingkan survei Maret 2015, tiga besae menteri yang dinilai publik kinerjanya pada saat itu bagus adalah Susi Pudjiastuti (24.1%), Anies Baswedan (3.9%), dan Puan Maharani (3.4%).

Adapun tiga besar menteri yang paling dikenal oleh publik pada saat itu adalah Susi Pudjiastuti (32.1%). Disusul Puan Maharani (9.6%) dan Anies Baswedan (6.5%)

Susi Pudjiastuti yang di periode pertama pemerintahan Jokowi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, tidak lagi diperpanjang masa jabatan di periode kedua masa pemerintahan.

Adapun, Anies Baswedan diganti dari jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Lalu, Anies mencalonkan diri dan terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas