Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arti Puasa dan Pantang Perayaan Pra-Paskah 2020, Makan Kenyang Hanya 1 Kali hingga Pantang Garam

Perayaan Rabu Abu untuk persiapan Pra-Paskah sudah dimulai hari ini, Rabu (26/2/2020). Peringatan Wafatnya Isa Al-Masih jatuh pada Jumat (10/4/2020).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Arti Puasa dan Pantang Perayaan Pra-Paskah 2020, Makan Kenyang Hanya 1 Kali hingga Pantang Garam
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI
RABU ABU. Umat Katolik menerima abu dari pendeta saat berlangsung misa Rabu Abu di Gereja Kota Baru, Kota Yogyakarta, Rabu (1/3/2017). Misa Rabu Abu sebagai tanda awal dimulainya masa puasa dan pantangan selama 40 hari sebelum hari raya Paskah. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI 

TRIBUNNEWS.COM - Perayaan Rabu Abu untuk persiapan Pra-Paskah sudah dimulai hari ini, Rabu (26/2/2020).

Umat Katolik mulai berpuasa dan melakukan pantang untuk menyambut Wafatnya Yesus Kristus.

Peringatan Wafatnya Isa Al-Masih jatuh pada Jumat (10/4/2020) mendatang.

Berbagai persiapan dilakukan oleh umat Katolik di berbagai daerah.

MISA RABU ABU. Pemuka agama mengoleskan abu pada kening umat Katolik saat mengikuti prosesi misa Rabu Abu di Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru, kota Yogyakarta, Rabu (6/3/2019). Misa Rabu Abu menandai masa pra paskah umat Katolik untuk mempersiapkan diri dengan berpuasa dan pantang selama 40 hari sebagai tanda pertobatan dalam menyambut Hari Raya Paskah.
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
MISA RABU ABU. Pemuka agama mengoleskan abu pada kening umat Katolik saat mengikuti prosesi misa Rabu Abu di Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru, kota Yogyakarta, Rabu (6/3/2019). Misa Rabu Abu menandai masa pra paskah umat Katolik untuk mempersiapkan diri dengan berpuasa dan pantang selama 40 hari sebagai tanda pertobatan dalam menyambut Hari Raya Paskah. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI (TRIBUN JOGJA/Hasan Sakri Ghozali)

Dikutip dari imankatolik.or.id, pantang makan daging atau makanan lain menurut ketentuan Konferensi para Uskup hendaknya dilakukan setiap hari Jumat sepanjang tahun.

Kecuali Jumat itu kebetulan jatuh pada salah satu hari yang terhitung hari raya.

Sedangkan pantang dan puasa hendaknya dilakukan pada hari Rabu Abu dan pada hari Jumat Agung, memperingati Sengsara dan Wafat Tuhan Kita Yesus Kristus.

BERITA TERKAIT

Peraturan pantang mengikat mereka yang telah berumur genap empat belas tahun.

Sedangkan peraturan puasa mengikat semua yang berusia dewasa sampai awal tahun ke 60.

Namun para gembala jiwa dan orangtua hendaknya berusaha agar juga mereka, yang karena usianya masih kurang tidak terikat wajib puasa dan pantang, dibina ke arah cita-rasa tobat yang sejati.

Lebih jauh, sebagai orang Katolik berpuasa diwajibkan.

Umat Katolik wajib berpuasa pada Rabu Abu dan Jumat Agung.

Selama masa Pra-Paskah, kewajiban puasa hanya dua hari saja.

Yang wajib berpuasa adalah semua orang beriman yang berumur antara delapan belas (18) tahun sampai awal enam puluh (60) tahun.

Memperingati wafatnya Isa Al-masih yang jatuh pada tanggal 18 April, Warga Kampung Skofro merayakan kegiatan Jum?at Agung di Gereja Kristen Injil (GKI) Diaspora Kampung Skofro. Perayaan ini dimulai dengan ditandai dibukanya kegiatan Camping Paskah oleh Ketua panitia kegiatan Ibu Vikaris Betty Kanikir, S.Si. Jum?at (19/04/2019). TRIBUNNEWS.COM/Kap Chk Ghesa Khiastra
Memperingati wafatnya Isa Al-masih yang jatuh pada tanggal 18 April, Warga Kampung Skofro merayakan kegiatan Jum?at Agung di Gereja Kristen Injil (GKI) Diaspora Kampung Skofro. Perayaan ini dimulai dengan ditandai dibukanya kegiatan Camping Paskah oleh Ketua panitia kegiatan Ibu Vikaris Betty Kanikir, S.Si. Jum?at (19/04/2019). TRIBUNNEWS.COM/Kap Chk Ghesa Khiastra (TRIBUNNEWS.COM/Kap Chk Ghesa Khiastra)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas