Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Imbau Pelajar Tak Jadikan Kebijakan Belajar di Rumah untuk Nongkrong di Kafe

Jangan sampai situasi ini malah dimanfaatkan untuk kegiatan di luar rumah seperti ke pusat perbelanjaan, pusat hiburan, maupun nongkrong di kafe

Imbau Pelajar Tak Jadikan Kebijakan Belajar di Rumah untuk Nongkrong di Kafe
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah siswa mengenakan masker saat mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sunter Agung 09, Jakarta Utara, Rabu (4/3/2020). Seluruh siswa SDN Sunter Agung 09 dihimbau mengenakan masker oleh pihak kepala sekolah karena penyebaran virus corona sekaligus mengurangi resiko tertular. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi X DPR RI meminta mahasiswa dan siswa untuk tidak menyalahgunakan keputusan penghentian sementara kegiatan belajar di kampus maupun sekolah, dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Keputusan pemerintah agar aktivitas belajar di rumah selama dua pekan, bertujuan mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang saat ini melanda berbagai negara, termasuk Indonesia.

"Jangan sampai situasi ini malah dimanfaatkan untuk kegiatan di luar rumah seperti ke pusat perbelanjaan, pusat hiburan, maupun nongkrong di kafe yang rentan menjadi tempat penularan covid-19," tutur Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda kepada wartawan, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Baca: Saran Dokter Agar Ibu Hamil Terhindar dari Virus Corona

Menurutnya, kebijakan penutupan sekolah maupun kampus dikeluarkan untuk mengurangi kerumunan orang yang menjadi salah satu pemicu meluasnya wabah virus corona.

Namun, hal tersebut tidak akan efektif jika pelajarnya tetap beraktivitas di luar rumah.

"Para orang tua harus bisa menciptakan suasana nyaman di rumah, sehingga siswa betah belajar dan tidak meminta aktivitas di luar rumah," ujar politikus PKB itu.

Baca: Ketua DPRD DKI Minta Gubernur Anies Sinergi dengan Pemerintah Pusat Hadapi Corona

Di sisi lain, Syaiful mendukung langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyiapkan sarana pembelajaran jarak jauh bagi siswa melalui aplikasi RumahBelajar.

"Layanan ini bisa menjadi alternatif bagi orang tua untuk menciptakan suasana belajar di rumah," ucap Syaiful.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas