Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PGI: Gereja yang Kosong Bisa Digunakan untuk Isolasi Pasien Corona

Gereja-gereja diminta sigap membantu masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi dampak akibat wabah corona.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PGI: Gereja yang Kosong Bisa Digunakan untuk Isolasi Pasien Corona
Alex Suban/Alex Suban
Pastor Dedo da Gomez SJ menyampaikan homili saat memimpin Misa Malam Paskah secara online dari Gereja Santa Theresia Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/4/2020). Selama Pekan Suci Paskah 2020, Umat Katolik dan Umat Kristiani mengikuti misa dan kebaktian secara online yang disiarkan secara langsung dengan akun media sosial. Warta Kota/Alex Suban 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Jacky Manuputty menyarankan kepada para pengurus gereja di Indonesia agar membantu penanggulangan wabah corona di Indonesia.

Dia menjelaskan, gedung-gedung gereja yang kini kosong karena tidak dipakai beribadah oleh jemaat dalam rangka social dan physical distancing, dapat digunakan untuk isolasi pasien corona.

"Gereja-gereja bisa menyiapkan gedung-gedung gereja yang saat ini kosong dan tidak dipakai, untuk dipakai sebagai tempat isolasi bagi mereka yang terpapar corona. Bilamana hal itu layak dan dibutuhkan," ucap Jacky di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Jacky menegaskan, gereja-gereja harus selalu siap membantu masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi dampak akibat wabah ini.

Baca: Gara-gara Pasien Berbohong, 76 Staf Medis RSUD Purwodadi Harus Jalani Rapid Test

Dirinya menyontohkan gereja harus membantu jika terjadi dampak ekonomi sebagai imbas dari wabah virus corona.

"Gereja-gereja bahkan harus siap dalam upaya penanggulangan dampak ikutan yang disebabkan pandemi corona ini. Misalnya keterpurukan ekonomi dan naiknya angka pengangguran akibat PHK dan sebab lainnya," tutur Jacky.

Baca: Kemarin Dilarang, Kini Ojol Boleh Angkut Penumpang di Wilayah PSBB dengan Protokol Kesehatan

BERITA TERKAIT

Menurutnya, umat Kristiani harus memiliki andil besar dalam membantu bangsa menghadapi kesulitan akibat pandemi ini.

Baca: Kisah Jenazah Dokter Dimakamkan Tanpa Menggunakan Peti di TPU Padurenan Bekasi

Dirinya menyebut umat Kristiani bukan penumpang di negara ini. Jacky meminta para umat Kristiani untuk membantu dalam kondisi ini, tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan ras.

"Orang-orang Kristen bukanlah penumpang di bangsa ini. Kita adalah warga bangsa yang sejak awal turut membentuk keutuhan bangsa ini," ucap Jacky.

"Karenanya ketika bangsa ini berada dalam situasi bencana, kita wajib membelanya dalam kerjasama yang utuh dengan warga bangsa lainnya. Apapun perbedaan latar belakangnya. Corona tidak mengenal aliran agama, ethis, status kesejahteraan ataupun perbedaan politik," tambah Jacky.

Jacky meminta umat Kristiani menggalang solidaritas selama wabah ini. Selain itu, dirinya meminta umat Kristiani untuk mengikuti seruan pemerintah untuk melakukan physical distancing serta menjalankan gaya hidup sehat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas