Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Helikopter TNI Jatuh di Kendal

RSPAD Gatot Soebroto Siapkan Tim Dokter Bedah untuk Korban Kecelakaan Helikopter MI 17

RSPAD Gatot Soebroto telah menyiapkan tim dokter bedah untuk menangani prajurit TNI korban kecelakaan helikopter MI 17 di Kendal Jawa Tengah

RSPAD Gatot Soebroto Siapkan Tim Dokter Bedah untuk Korban Kecelakaan Helikopter MI 17
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Petugas mengevakuasi bangkai Helikopter MI-17 milik TNI AD dengan nomor registrasi HA 5141 yang jatuh dan terbakar di lahan kosong sekitar proyek Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020) siang. Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 13.40 WIB tersebut menyebabkan empat orang crew meninggal dunia dan lima lainnya luka-luka. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Tribun Jateng/Saiful Ma'sum 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - RSPAD Gatot Soebroto telah menyiapkan tim dokter bedah untuk menangani prajurit TNI korban kecelakaan helikopter MI 17 di Kendal Jawa Tengah beberapa waktu lalu yang kini tengah dirawat di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah, Praka Supriyanto.

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI Budi A Budi Sulistya mengatakan tim tersebut di antaranya berisi sejumlah dokter bedah dan tim intensif care unit (ICU).

Hal tersebut disampaikan Budi ketika teleconference dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam tayangan TNI AD 60" yang diunggah lewat akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, pada Jumat (12/6/2020).

"Kami sudah menyiapkan tim yaitu dari bedah ortopedi, bedah orologi, bedah digestif, tim intensif care, bedah syaraf, dan juga untuk persiapan di daerah pendaratan termasuk di IGD-nya," kata Budi.

Hal itu menyusul rencana evakuasi Praka Supriyanto ke RSPAD untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Praka Supriyanto rencananya akan dievakuasi dengan helikopter Puspenerbad yang telah dimodifikasi interiornya.

Komandan Puspenerbad Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan ia telah menyiapkan dua helikopter untuk rencana evakuasi tersebut.

"Untuk rencana evakuasi besok kami siapkan dua heli. Satu heli utama, satu lagi heli cadangan. Kemudian kondisi heli juga kursinya sudah kami lepas semua untuk nanti kedudukan pasien. Jadi dari kru kami ada empat orang. Sehingga nanti ditambah medis dua orang. Kemudian pasien sendiri satu orang. Kita juga sedang menambah lagi keleluasaan tempat bagi pasien," kata Teguh.

Baca: Begini Kondisi Kesehatan Dua Prajurit TNI Korban Kecelakaan Helikopter yang Dirawat di RS Dr Kariadi

Teguh menjelaskan rencananya Praka Supriyanto akan dievakuasi dari Lanumad Jenderal Ahmad Yani Semarang sekira pukul 06.00 WIB pada hari yang sudah ditentukan.

"Kemudian rencana sesuai kordinasi tadi besok jam 6 kita sudah siap di Lanumad Ahmad Yani. Kemudian perjalanan perkiraan antara dua jam sampai dua jam 15 menit. Rencana akan landing langsung di RSPAD," kata Teguh.

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas