Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Telah Jalani Tes, 99 Pengungsi Rohingya Dinyatakan Negatif Covid-19

Menlu mengungkapkan bahwa 99 pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia pada tanggal 24 Juni 2020 telah dites Covid-19.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Telah Jalani Tes, 99 Pengungsi Rohingya Dinyatakan Negatif Covid-19
Serambitv.com
Warga akhirnya sepakat menurunkan imigran Rohingya dari kapal yang ada di perairan tepi Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (25/6/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi mengungkapkan bahwa 99 pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia pada tanggal 24 Juni 2020  telah dites Covid-19.

Para pengungsi seluruhnya dinyatakan sehat dan negatif dari virus corona (Covid-19).




“Kepada mereka telah dilakukan tes covid-19 dan semuanya, Alhamdulillah hasilnya adalah negatif,” ungkap Menlu pada konferensi pers daring dengan media, Selasa (30/6/2020).

Baca: Menteri Retno Angkat Masalah Pengungsi Rohingya dalam Pertemuan Menlu ASEAN - Australia

Disampaikan Menlu, 99 orang tersebut terdiri dari 43 orang dewasa yaitu 30 perempuan 13 laki-laki dan 56 anak-anak dibawah 18 tahun yang masing-masing terdiri dari 43 anak perempuan dan 12 anak laki-laki.

Mayoritas dari mereka telah memiliki kartu UNHCR yang berarti para pengungsi Rohingya tersebut telah resmi berstatus pengungsi dan mendapatkan hak proteksi internasional dibawah UNHCR sebagai lembaga PBB yang mengurusi masalah pengungsi internasional.

Saat ini pengungsi Rohingya tersebut ditampung di bekas kantor imigrasi Lhokseumawe.

BERITA TERKAIT

“Mulai 1 Juli menurut rencana mereka akan dipindahkan ke lokasi yang lebih layak sarananya yaitu di Balai Latihan Kerja Meunasah Mes Kandang di Muara Dua, Lhokseumawe,” ujar Retno.

Sejak ketibaan mereka pada tanggal 24 Juni, Menteri Retno mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai unsur dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca: Warga Aceh Dipuji Dunia Karena Selamatkan 100 Pengungsi Rohingya yang Terombang-ambing di Laut

Diantaranya berkoordinasi dengan Satgas penanganan pengungsi luar negeri yang ada di pusat, serta pemerintah daerah, TNI, Polri, Basarnas, BPBD  dan juga berkoordinasi dengan dinas sosial di Aceh Utara.

Retno mengatakan Kemlu RI juga telah melakukan koordinasi dengan UNHCR dan International Organization for Migration (IOM) melalui berbagai Komunikasi.  

Kementerian Luar Negeri telah melakukan pertemuan dengan UNHCR pada tanggal 29 Juni 2020 dan melakukan pertemuan secara virtual dengan IOM juga telah dilakukan pada tanggal 30 Juni 2020.

“UNHCR dan IOM menyampaikan apresiasi pada Indonesia yang untuk sementara menerima para imigran tersebut,” lanjutnya

Menteri Retno juga mengangkat masalah pengungsi Rohingya ini dalam Pertemuan Khusus Para Menlu Se Asean – Australia secara virtual, Selasa (30/6/2020).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas