Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

KPU Jamin Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Bebas dari Covid-19

KPU menyatakan kesiapan menggelar kegiatan pemutakhiran data pemilih untuk kepentingan pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai 15 Juli 2020.

KPU Jamin Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Bebas dari Covid-19
setkab.go.id
Pilkada Serentak 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, menyatakan kesiapan menggelar kegiatan pemutakhiran data pemilih untuk kepentingan pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai 15 Juli 2020.

Menurut dia, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) harus dinyatakan negatif dari paparan coronavirus disease 2019 (Covid-19) sebelum bertugas. Selain itu, kata dia, petugas harus memakai alat pelindung diri (APD).

"15 Juli, kami memulai pemutakhiran data pemilih. Sekarang proses rekrut personel. Setelah direkrut dan lolos, kami akan melakukan pemeriksaan rapid tes. Kalau tidak reaktif, maka bisa lanjut tugas," kata dia, di sesi diskusi daring yang digelar Rumah Pemilu, Jumat (10/7/2020).

Baca: KPU Diminta Tegas Diskualifikasi Calon Kepala Daerah Mantan Pecandu Narkoba

Dia menjelaskan proses pemutakhiran data pemilih menjadi bagian penting di tahapan pilkada. Untuk itu, dia harus memastikan tahapan itu dapat berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran Covid-19, maka petugas harus memakai APD dan mematuhi standar protokol kesehatan dari Badan Kesehatan Dunia, WHO, dan Kementerian Kesehatan.

"Tanggal 15 Juli yang butuh APD itu sampai level PPDP," ujarnya.

Arief mengaku sudah menyurati Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan 270 pemerintah daerah penyelenggara pilkada agar menyediakan APD bagi petugas pilkada di lapangan.

Baca: Ketua Komisi II DPR Beberkan 4 Poin yang Mendistorsi Pilkada Serentak

"Mudah-mudahan semua kementerian/lembaga dan jajaran di provinsi maupun kabupaten/kota mendukung dan pelaksanaan tugas-tugas ini berjalan baik," kata dia.

Rencananya, pada tanggal 15 Juli, KPU RI akan menggelar acara pencocokan dan penelitian data pemilih secara simbolis di kantor KPU RI di Jakarta Pusat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas