Tribun

Kasus Djoko Tjandra

Djoko Tjandra Tak Terendus Melintas ke Malaysia Lewat Entikong

Djoko Tjandra menggunakan pesawat terbang domestik dari Jakarta ke Pontianak, kemudian keluar masuk Indonesia lewat Pos Lintas Batas Negara Entikong.

Editor: Choirul Arifin
Djoko Tjandra Tak Terendus Melintas ke Malaysia Lewat Entikong
Kompas.com
Buron kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldak) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong Andhika mengaku tidak menemukan nama Djoko Tjandra dalam data perlintasan di PLBN Entikong.

Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan, surat bernomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas tertanggal 18 Juni 2020 tersebut ditandatangani oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo.

"Sampe sekarang kami cari di data perlintasan tidak ada. Kalau bicara data perlintasan, atas nama itu gak ada melintas lewat PLBN Entikong," ujar Andhika kepada Tribunpontianak, Selasa (14/7/2020).

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengaku sudah memerintahkan Divisi Propam untuk mengusutnya.

“Saya sudah meminta agar info terkait surat jalan tersebut agar didalami Div Propam Polri dan usut tuntas siapapun yang terlibat,” tegas Listyo saat dihubungi Kompas.com.

“IPW mengecam keras tindakan Bareskrim Polri yang sudah mengeluarkan surat jalan kepada Joko Chandra, sehingga buronan kelas kakap itu bebas berpergian dari Jakarta ke Kalimantan Barat dan kemudian menghilang lagi,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono memastikan kembali, surat perizinan tersebut tanpa sepetahuan dari pimpinan Polri.

"Tentunya bahwa surat jalan tersebut yang ditandatangani oleh salah satu biro di Bareskrim Polri. Jadi dalam pemberian surat jalan tersebut bahwa Kepala Biro tersebut inisiatif sendiri ya dan tidak izin sama pimpinan ya," kata Argo.

Djoko Tjandra diduga keluar Indonesia melalui Pontianak, Kalimantan.

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) menduga Djoko Tjandra menggunakan pesawat terbang domestik dari Jakarta ke Pontianak, kemudian keluar masuk Indonesia lewat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Halaman
1234
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas