Tribun

Jakob Oetama Meninggal Dunia

Berbincang dengan Jakob Oetama Harus Membuka Mata Hati, Mata Batin, dan Mata Nalar

Dalam pencapaian luar biasanya, Jakob tetaplah pribadi yang humanis, humble, dan inspiratif.

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Johnson Simanjuntak
Berbincang dengan Jakob Oetama Harus Membuka Mata Hati, Mata Batin, dan Mata Nalar
Tribunnews.com/Lusius Genik
Prosesi Pemakaman Tokoh Pers Nasional Jakob Oetama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenazah Tokoh Pers Nasional Jakob Oetama dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas itu tutup usia pada Rabu, 9 September 2020. 

Almarhum meninggal dunia dengan tenang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading pada pukul 13:05 WIB dalam usia 88 tahun.

Wartawan Senior Egy Massadiah menyebut sosok Jakob Oetama adalah jurnalis senior level “empu”.

Dalam pencapaian luar biasanya, Jakob tetaplah pribadi yang humanis, humble, dan inspiratif. 

Egy beberapa kali bertemu Jakob Oetama saat mendampingi Jusuf Kalla berkunjung ke Kantor Kompas. Dalam pertemuan-pertemuan itu, Egy turut andil saat perbincangan antara JK dan Jakob Oetama berlangsung.

"Berbicara dengan Jakob Oetama selalu saja ada tekanan berat yang membuat siapa pun harus membuka mata batin, mata hati, dan mata nalar," kata Egy kepada Tribunnews, Kamis (10/9/2020).

Baca: Sosok Jakob Oetama Diungkap Pastor Ini, Kekayaan Bukan Target, Gelisah Jika Karyawan Belum Sejahtera

Tanpa melakukan itu, siapapun yang berbicara dengan Jakob Oetama akan melewatkan sebuah wejangan maha penting dari seorang “suhu".

Berbincang dengan seorang Jakob Oetama harus menyamakan "frekuensi" agar bisa menangkap semua mutiara hikmah yang mengalir dari hati yang bening. 

Egy mengatakan, sekalipun mengaku “mulai pikun”,  faktanya, memori pria kelahiran Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 27 September 1931 itu masih bagus.

Prajurit TNI membawa jenazah almarhum Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). Jakob Oetama dimakamkan dengan prosesi kenegaraan di TMP Kalibata yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Tribunnews/Irwan Rismawan
Prajurit TNI membawa jenazah almarhum Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). Jakob Oetama dimakamkan dengan prosesi kenegaraan di TMP Kalibata yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas