Tribun

PAN Reformasi

Partai Baru Besutan Amien Rais Diprediksi Sulit Berkembang Jika Gagal Membangun Hal Ini

Amien secara tegas memastikan partai yang ia dirikan berasaskan Islam meskipun ada tambahan "Rahmatan Lil alamin" di belakang.

Partai Baru Besutan Amien Rais Diprediksi Sulit Berkembang Jika Gagal Membangun Hal Ini
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Standing position partai baru yang didirikan Amien Rais dan koleganya ada perbebedaan dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang didirikan Amien Rais dan sejumlah tokoh.

PAN berasaskan Pancasila dan bersifat terbuka, majemuk, berasal dari berbagai pemikiran, latar belakang etnis dan agama.

PAN tidak menjadikan islam sebagai asas tapi agama menjadi landasan perjuangan PAN.

Berbeda dengan PAN, Amien secara tegas memastikan partai yang ia dirikan berasaskan Islam meskipun ada tambahan "Rahmatan Lil alamin" di belakang.

"Islam rahmatan lil alamin (menjadi rahmat bagi semesta) dipilih menjadi asas partai seolah ingin menunjukkan identitas partai yang didirikan Amien adalah partai islam yang moderat," kata Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo kepada Tribunnews, Jumat (11/9/2020).

Dengan demikian, Karyono mengatakan, standing position partai baru yang didirikan Amien dan koleganya termasuk dalam golongan partai islam.

Baca: Partai Bentukan Amien Rais Sudah Diputuskan, Bukan PAN Reformasi

Jika demikian, maka dalam merebut suara di pemilu nanti, partai baru yang didirikan Amien akan berebut ceruk pemilih islam dan bersaing dengan partai berhaluan islam lainnya.

"Dengan posisi seperti itu, partai baru bentukan Amien sulit untuk berkembang lebih besar," ucapnya.

Karyono menyebut, Amien berharap dapat merebut suara dari basis Muhammadiyah secara signifikan dan berharap dukungan dari golongan umat islam lainnya.

Tetapi nampaknya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas