Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kejagung Periksa Direktur PT Eagle Glove Indonesia Sebagai Saksi Kasus Korupsi Impor Tekstil

Kejagung memeriksa Direktur PT Eagle Glove Indonesia, Min Joon Kim dalam perkara dugaan korupsi importasi tekstil pada Dirjen Bea dan Cukai 2018-2020.

Kejagung Periksa Direktur PT Eagle Glove Indonesia Sebagai Saksi Kasus Korupsi Impor Tekstil
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) memeriksa Direktur PT Eagle Glove Indonesia, Min Joon Kim dalam perkara dugaan korupsi importasi tekstil pada Dirjen Bea dan Cukai 2018-2020.

"Pihak atau saksi baru yang diperiksa oleh tim jaksa penyidik yaitu Min Joon Kim selaku Direktur PT Eagle Glove Indonesia," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

Hari mengatakan pemeriksaan saksi untuk mengumpulkan alat bukti dan keterangan terkait kasus importasi tekstil. Khususnya terkait mekanisme proses impor dari luar negeri.

Baca: Kejaksaan Agung Periksa Mantan Direktur Pemasaran Jiwasraya

"Guna mencari serta mengumpulkan alat bukti khususnya tentang pengangkutan barang import dan kaitannya tata laksana proses importasi barang dari luar negeri khususnya untuk tekstil dari India yang mempunyai pengecuali tertentu dengan barang importasi lainnya serta mencari fakta bagaimana proses pengangkutan barang import yang dilakukan oleh para pengusaha ekspedisi," katanya.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19.

Di antaranya dilaksanakan dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Baca: Jaksa Pinangki Tampil Beda Kenakan Hijab Saat Jalani Pemeriksaan Lanjutan di Kejaksaan Agung

Selain itu, para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan.

Dalam kasus ini, Kejagung telah menetapkan lima tersangka.

Para tersangka adalah Kepala Seksi Pelayanan Pabean dan Cukai (PPC) I pada Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam Haryono Adi Wibowo, Kepala Seksi PPC II KPU Bea dan Cukai Batam Kamaruddin Siregar, dan Kepala Seksi PPC III KPU Bea dan Cukai Batam Dedi Aldrian.

Tersangka lainnya yaitu Kepala Bidang Pelayanan Kepabeanan dan Cukai KPU Bea Cukai Batam periode 2017-2019, Mukhammad Muklas.

Baca: Kejaksaan Agung Bakal Ekspose Kasus Jaksa Pinangki Bareng KPK Hari Ini

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas