Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Jiwasraya

Politikus PDIP Apresiasi Kejaksaan Agung Terkait Vonis 6 Terdakwa Kasus Jiwasraya

nggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait vonis seumur hidup untuk enam terdakwa kasus Jiwasraya.

Politikus PDIP Apresiasi Kejaksaan Agung Terkait Vonis 6 Terdakwa Kasus Jiwasraya
Tribunnews/Jeprima
I Wayan Sudirta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta mengapresiasi Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait vonis seumur hidup untuk enam terdakwa kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

“Ada persepsi Kejaksaan Agung tidak berbuat apa-apa. Namun, hasil vonis Jiwasraya membalikkan itu semua dan membuat masyarakat saat ini percaya dengan Kejaksaan,” kata Wayan kepada wartawan, Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, putusan yang dikeluarkan majelis hakim tidak terlepas dari peran Jaksa Penuntut Umum yang mampu meyakinkan hakim dengan bukti-bukti yang dibawa.

Baca juga: Berikan Efek Jera, Seluruh Terdakwa Korupsi Jiwasraya Harus Dimiskinkan

Putusan di atas tuntutan JPU dianggap langka, khususnya bagi para koruptor.

“Saya benar-benar mengapresiasi ini, apalagi hukuman seberat ini termasuk langka. Seumur hidup dengan ganti rugi yang fantastis Rp16 triliun,” ujar politikus PDIP itu.

Wayan mendorong Korps Adhyaksa untuk tetap konsisten, hingga aset-aset para terdakwa bisa dirampas negara untuk mengganti kerugian negara.

Baca juga: Kejaksaan Agung Diminta Optimalkan Sita Aset Koruptor Jiwasraya

Namun, dengan putusan semacam ini, Wayan yakin pihak Kejagung akan konsisten mengikuti peraturan di lapangan terkait penyitaan aset.

Diketahui, terdakwa Jiwasraya Dirut PT Hanson International Benny Tjokrosaputro dan Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat divonis hukuman penjara seumur hidup.

Selain itu, Majelis Hakim juga menjatuhkan hukuman kepada keduanya, Benny diminta ganti rugi sebesar Rp6,078 triliun, sedangkan Heru harus membayar ganti rugi kerugian negara Rp10 triliun.

Baca juga: Divonis Penjara Seumur Hidup di Kasus Jiwasraya, Ini Sepak Terjang Pengusaha Benny Tjokro

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas