Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Cuaca Besok, Selasa 3 November 2020: Pulau Jawa Diguyur Hujan Angin

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang pada Selasa (3/11/2020), besok.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Peringatan Cuaca Besok, Selasa 3 November 2020: Pulau Jawa Diguyur Hujan Angin
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia pada Selasa (3/11/2020), besok.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang.

Wilayah Banten dan Jawa Barat berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Sementara itu, wilayah DKI Jakarta diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir.

CUACA EKSTREM - Pemandangan saat awan mendung menyelimuti wilayah Jakarta, Selasa (22/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi selama sepekan yang melanda hampir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Barat. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan)
CUACA EKSTREM - Pemandangan saat awan mendung menyelimuti wilayah Jakarta, Selasa (22/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi selama sepekan yang melanda hampir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Barat. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan) (WARTAKOTA/Henry Lopulalan )

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Selasa 3 November 2020: Kota Tangerang Diperkirakan Hujan Lebat saat Siang

Baca juga: BMKG Peringatan Dini Selasa, 3 November 2020: Waspada Cuaca Ekstrem di 28 Wilayah

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Senin (2/11/2020), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Selatan Jawa Timur (lapisan 925-850hPa) dan di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera (Lapisan 925-850mb).

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi hujan di sekitar sirkulasi siklonik tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, NTB, Kaimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku UTara Papua Barat dan Papua.

BERITA TERKAIT

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Selasa (3/11/2020).

Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas