Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diikuti 120 Mahasiswa Kedokteran, Kemendikbud Gelar Medical Online Championship 

Ajang Medical Online Championship diikuti 60 tim yang terdiri dari 120 peserta berlaga pada babak semifinal, berasal dari 57 institusi pendidikan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Diikuti 120 Mahasiswa Kedokteran, Kemendikbud Gelar Medical Online Championship 
Kemendikbud
Mendikbud Nadiem Makarim saat luncurkan empat kebijakan merdeka belajar dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020).(Kemendikbud) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar ajang "Medical Online Championship" (MOC) secara virtual.

Ajang ini diikuti mahasiswa kedokteran seluruh Indonesia.

Tercatat sebanyak 60 tim yang terdiri dari 120 peserta berlaga pada babak semifinal.

Para peserta berasal dari 57 institusi pendidikan di bawah Kemendikbud. 

Baca juga: Pendaftaran Program Guru Penggerak Kemendikbud Angkatan 2 Diperpanjang, Ini Linknya!

“Semangat MOC ini untuk membentuk karakter mahasiswa kedokteran  yang  siap  menjadi  SDM  unggul, profesional,  dan  mampu  berkompetisi  dalam  skala  global," ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud Asep Sukmayadi melalui keterangan tertulis, Kamis (12/11/2020). 

“Covid-19  menuntut  kita  semua mengubah  semua  aspek  kehidupan. Kita  harus  siap  dengan  adaptasi  kebiasan  baru. Tapi,  tentu  tidak mengurangi  esensi kegiatan yang kita lakukan. Dalam  situasi  pandemi, jangan  sampai prestasi  kemahasiswaan  ikut terhambat," tambah Asep.

Asep menuturkan, nilai positif dari ajang MOC yaitu hasil prestasi lomba dapat dijadikan portfolio digital bagi peserta saat akan berkarier di bidang kedokteran

BERITA TERKAIT

"Saya juga ingin melihat peserta beradaptasi dan menunjukan momen terbaik. Hasilnya bisa kita jadikan sebagai referensi pengembangan kompetisi kedepannya," kata Asep. 

Baca juga: Kemendikbud: Lulusan SMA yang Diserap Perguruan Tinggi Baru 38 Persen

Selain itu, Asep juga berharap agar MOC dapat menjadi wadah penguatan karakter dan sikap pantang menyerah di kalangan peserta. 

"Kompetisi bukan segala-galanya, tapi bisa menjadi wadah untuk peserta memperoleh pengalaman dan menampilkan kebisaan kita,"  tutur Asep.

MOC terdiri dari enam bidang keilmuan kedokteran, yakni Infectious Disease, Neuropsychiatry, Cardiorespiratory, Digestive, Genitourinary, dan Musculoskeletal. 

Pada babak semifinal, masing-masing cabang lomba diikuti sepuluh kelompok, sehingga totalnya terdapat 60 kelompok yang bertanding. 

Babak semifinal melombakan kategori esai dan submisi video serta kategori video impromptu atau video spontan. 

Selanjutnya, seluruh hasil jawaban peserta akan diolah dan diurutkan.

Tiga kelompok yang terpilih dengan nilai tertinggi pada setiap cabang lomba, akan lolos ke babak final.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas