Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Akhir Tahun, Korlantas Polri Gelar Rakor Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020

Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020 dalam rangka libur natal dan tahun baru 2020.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jelang Akhir Tahun, Korlantas Polri Gelar Rakor Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020
ist
Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto saat memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020 untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru di Aula Madelu Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (27/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020 dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Memimpin rapat, Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto mengingatkan kembali agar seluruh personel yang bertugas di lapangan untuk mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

"Kita sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat, jadi mohon di lapangan arahkan betul anggota untuk memedomani protokol kesehatan di masa pandemi ini," kata Kushariyanto dalam rapat yang digelar di Aula Madelu Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (27/11/2020).




Kapolri Jendral Polisi Idham Azis, dikatakan Kushariyanto, pernah mengatakan pelaksanaan Operasi Lilin tahun ini adalah operasi kemanusiaan, dengan mengedepankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan.

"Seperti pembagian masker, sembako dan lainnya, Ini lebih banyak membawa dampak positif di masyarakat," tambah Kushariyanto.

Baca juga: Polri Siapkan 191 Ribu Personel di 4.216 Pos untuk Operasi Lilin 2020

Hadir juga dalam rapat, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan.

Dia menjabarkan tugas pokok Korlantas Polri dalam pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020.

BERITA TERKAIT

"Yakni demi terwujudnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar lantas) pada jalur tol, jalur arteri dan tempat wisata, serta tempat ibadah Natal maupun pada lokasi perayaan malam pergantian Tahun Baru 2021," katanya.

"Selain itu juga demi memperlancar distribusi logistik dan BBM serta menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Rudi.

Dikatakan Rudi, ada beberapa titik fokus pada pengamanan Kamseltibcar Lantas, yakni di Tol KM 41 dan pertemuan Tol Elevated yakni KM 47, serta di pertemuan Tol Kalihurip Utama dan Tol Cikampek Utama pada KM 66.

Nantinya, Rudi mengatakan, petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, mulai Contra flow sampai one way jika memang diperlukan.

"Kami akan prioritaskan kendaraan dari tol elevated, nantinya dibawah bisa dilakukan contra flow dan pengurangan 1 lajur untuk memberi kendaraan yang turun dari Elevated, karena lebih krusial jika terjadi hambatan di sana," katanya.

"Selain itu, rest area juga kami imbau untuk menampung kapasitas 50 persen, disana juga akan dilakukan buka tutup bila kapasitas sudah terpenuhi," pungkas Rudi

Dalam rapat tersebut juga hadir Karodalops Asops Kapolri Brigjen Pol Endi Sutendi, Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, Perwakilan dari Dirhubdat, Bina Marga, stakeholder terkait, dan seluruh Dirlantas se-Indonesia serta para pejabat utama Korlantas Polri

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas