Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag Bakal Susun Naskah Khotbah Jumat, Temanya soal Akhlak Pendidikan hingga Milenial

Zainut mengatakan, naskah khotbah ini nantinya akan disusun oleh para ulama, praktisi dakwah, dan akademisi, dan para pakar di bidangnya.

Editor: Sanusi
zoom-in Kemenag Bakal Susun Naskah Khotbah Jumat, Temanya soal Akhlak Pendidikan hingga Milenial
Tribunnews.com/ Laras Dyah Utami
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengungkap beberapa tema yang akan dibuat sebagai naskah khotbah Shalat Jumat oleh Kementerian Agama ( Kemenag).

Tema tersebut antara lain terkait akhlak pendidikan, globalisasi, zakat, wakaf, ekonomi syariah, masalah generasi milenial dan isu-isu aktual lainnya.

" Khotbah Jumat juga perlu membahas masalah kekinian berikut solusinya. Itu menjadi salah satu fokus dalam penyusunan naskah khotbah ini," kata Zainut melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Soal Materi Khotbah Jumat dari Kemenag, Begini Respons Ketua Komisi VIII DPR

Zainut mengatakan, naskah khotbah ini nantinya akan disusun oleh para ulama, praktisi dakwah, dan akademisi, dan para pakar di bidangnya.

Menurut dia, Kemenag hanya berperan sebagai fasilitator.

Baca juga: Politikus PKB Dukung Program Materi Khotbah Jumat dari Kemenag

"Pelibatan ulama, praktisi dakwah, dan akademisi penting untuk menghasilkan naskah khutbah Jumat yang sesuai dengan ketentuan agama, berkualitas dan relevan dengan dinamika sosial," ujarnya.

Ia juga menegaskan naskah khotbah Shalat Jumat hanya sebagai alternatif bagi para khatib dan tidak ada kewajiban untuk menggunakannya.

BERITA TERKAIT

Zainut pun meminta agar penyiapan naskah tersebut tidak artikan sebagai bentuk intervensi atau pembatasan terhadap hak penceramah, ustaz atau mubaligh.

"Penyiapan naskah khutbah Jum'at merupakan bentuk pelayanan keagamaan Kementerian Agama kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Muhammadiyah: Pasokan Khotbah dari Kemenag Bagus Selama Tidak Dipaksakan

Adapun Kemenag tengah menggodok rencana penyiapan naskah khotbah yang digunakan saat Shalat Jum'at.

Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal mengatakan, naskah yang disiapkan tersebut diharapkan bisa jadi alternatif dalam menyampaikan khotbah.

"Penyusunan naskah khotbah Jumat semata-mata dengan tujuan memperkaya khazanah bagi para khatib," kata Kevin melalui keterangan tertulis yang dilansir dari laman Kementerian Agama, Sabtu (28/11/2020).

"Bukan menunjukkan ketakutan berlebihan atau paranoid, apalagi dianggap sebagai bentuk ketidakpercayaan kepada para ulama, kiai atau habaib," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Tema Naskah Khotbah Shalat Jumat yang Akan Disusun oleh Kemenag"

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas