Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Risma Jadi Mensos Gantikan Juliari Batubara, Inilah Langkah yang Bakal Dilakukan: Utamanya Bansos

Untuk menggantikan Juliari Batubara, Risma sudah menyiapkan beberapa langkah yang akan ia lakukan.

Editor: Ifa Nabila
zoom-in Risma Jadi Mensos Gantikan Juliari Batubara, Inilah Langkah yang Bakal Dilakukan: Utamanya Bansos
Sekretariat Presiden
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan setidaknya empat program kerja yang akan menjadi fokus pembenahan. Hal itu diungkapkan Risma sesaat setelah diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju bersama lima nama lain, Selasa (22/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Sosial.

Untuk menggantikan Juliari Batubara, Risma sudah menyiapkan beberapa langkah yang akan ia lakukan.

Risma mengaku, langkah yang paling pertama ia lakukan adalah pembenahan data penerima bantuan sosial (bansos).

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisasi adanya kesalahan.

Baca juga: Mengenal Djoko Saptoadji, Suami Mensos Tri Rismaharini yang Tak Banyak Diketahui Publik

Baca juga: Ucapan Susi Pudjiastuti untuk Sakti Wahyu Trenggono yang Jadi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo

"Gimana data itu bisa kesalahan dan error-nya rendah. Itu yang pertama, karena geraknya melalui data," kata Risma melalui sambungan video call, Selasa (22/12/2020).

Di samping itu, Risma mengutarakan, Presiden Jokowi juga menginstruksikan bahwa penyerahan bantuan sosial nantinya akan menggunakan sistem transfer ke rekening masing-masing penerima.

"Presiden tadi menyampaikan tidak ada lagi pakai bentuk tunai-tunai begitu, jadi modelnya sudah transfer-transfer gitu," ujar Risma.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, Risma sudah memiliki ancang-ancang untuk melakukan pemberdayaan kepada para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Caranya adalah dengan mengekstraksi program yang telah ia lakukan selama sepuluh tahun menjabat sebagai wali kota Surabaya.

"Jadi (masyarakat) bukan hanya menerima bantuan, tapi kita ajarkan mereka berdaya, kayak (program) Pahlawan Ekonomi, Kampung Anak Negeri," tutur Risma.

Baca juga: Jadi Mensos, Risma Sampaikan 4 Program Kerja Utama: Data Penerima Bansos hingga Berdayakan Kaum Ibu

Sebab, Risma mengaku bahwa Jokowi sendiri mendukung program yang bakal ia kerjakan selama mengemban jabatan sebagai Mensos.

"Kata Pak Presiden, 'enggak apa-apa Bu Risma, Bu Risma kan sudah pengalaman di Surabaya jadi wali kota'," kata Risma menirukan ucapan Jokowi.

Tak hanya itu, Risma berujar, untuk memperlancar upayanya melakukan pemberdayaan sosial, ia mengaku siap menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Kan bisa caranya. Nanti aku kerja sama dengan perguruan tinggi di daerah masing-masing, jadi misalkan kalau di Papua dengan Universitas Cendrawasih. Nanti monitoring dan evaluasinya bisa terjaga, sehingga outputnya bisa kelihatan, bisa terukur," tutur Risma.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kepastian ini disampaikan dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah walikota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi. (Kompas.com/Ghinan Salman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditunjuk Jadi Mensos, Ini Sederet Langkah Awal yang Bakal Dilakukan Risma"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas