Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Penting Gus Mus ke Menag Yaqut Quomas Saat Sambangi Ponpes Raudlatut Thalibin Rembang

"Saya minta nasihat beliau apa yang harus saya lakukan setelah mendapat amanah dari Presiden untuk menjadi menteri agama," ujar Menag.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pesan Penting Gus Mus ke Menag Yaqut Quomas Saat Sambangi Ponpes Raudlatut Thalibin Rembang
Tribun Jateng /Hermawan Handaka
KH. Musthofa Bisri (Gus Mus) tengah memberi ceramah di acara Haul Syech Sulaiman (Kyai Cagak Luas) di Desa Patemon, Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunung Patix Semarang, Jawa Tengah, Minggu (5/1/20). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, REMBANG - Menteri Agama ( Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut mengunjungi kediaman Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Mustofa Bisri ( Gus Mus) di Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (25/12/2020) pagi.

Dalam silsilah keluarga, Gus Mus adalah adik kandung Ayahanda Gus Yaqut, (alm) KH Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga pernah menjabat Wakil Ketua MPR.

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi kediaman Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) di Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jumat (25/12/2020). (foto: ist).
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi kediaman Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) di Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jumat (25/12/2020). (foto: ist). (Via Tribun Jateng)

Gus Yaqut sowan kepada pamannya tersebut untuk memohon doa restu serta meminta nasihat dalam mengemban tugas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

Baca juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas Berpesan agar Perayaan Natal Jadi Momentum Persatuan dan Kesatuan Bangsa




"Saya minta nasihat beliau apa yang harus saya lakukan setelah mendapat amanah dari Presiden untuk menjadi menteri agama," ujar Menag.

"Gus Mus ini orang tua saya sekarang. Sebelumnya saya terlebih dulu ziarah ke makam Abah dan leluhur saya, terus baru itu sowan Gus Mus," terang Gus Yaqut.

Gus Yaqut mendapatkan banyak petuah bijak dari Gus Mus supaya ke depan bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Aksi Menag Yaqut Cholil Qoumas Pasca-Dilantik: Tegaskan Menteri bagi Semua Agama, Kunjungi Gereja

"Jadi nasihat pertama harus amanah, hindarkan jauh jauh perilaku koruptif, perilaku kolutif, dan perilaku tidak baik lainnya," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Nasihat Gus Mus selanjutnya, sambung Gus Yaqut, dirinya diminta untuk merangkul atau mengajak semua untuk bersatu dengan memiliki perasaan yang sehati terhadap Indonesia.

"Tidak penting apa latar belakang kelompoknya, agamanya, ras dan seterusnya, semua diajak bersama sama mencintai Indonesia," sebut Yaqut.

Dengan begitu maka apa yang diinginkan presiden, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya kira bahwa negara ini akan jauh lebih maju itu akan lebih mudah untuk dicapai," sambungnya.

Setelah sowan ke kediaman Gus Mus, Gus Yaqut melanjutkan silaturahmi ke KH Ahmad Najieh (Gus Najieh) Sarang, Rembang dan KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha') Kragan, Rembang.

Kepada kedua tokoh agama atau ulama tersebut, Menag juga bertujuan sama, yakni memohon restu dan meminta nasihat penting agar bisa mulus menjalankan amanah yang baru saja diembannya sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

Pernyataan dan kegiatan Menag

Pasca-dilantik pada Rabu (23/12/2020) lalu, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengeluarkan sejumlah pernyataan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas