Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus PKS: Saya Tahu Pak Sigit Ini Faksi Pak Jokowi

Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi yang ditawarkannya.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Politikus PKS: Saya Tahu Pak Sigit Ini Faksi Pak Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Presiden Joko Widodo memutuskan mengajukan ke DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Dimyati Natakusumah mengatakan, salah satu pekerjaan rumah calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo yaitu menghadapi isu soliditas di internal tubuh Polri.

Karena itu, dia mengingatkan, agar Polri harus menjalankan tugas secara independen agar soliditas tetap terjaga.

"Salah satu yang jadi pekerjaan rumah adalah visi tentang reformasi kepolisian. Dalam hal reformasi kepolisian ini ada isu soliditas internal," kata Dimyati dalam uji kepatutan dan kelayakan calon kapolri, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: 9 Janji dan Program Calon Kapolri Listyo Sigit, Layanan Secepat Pizza hingga Aktifkan Pamswakarsa

Baca juga: 9 Janji dan Program Calon Kapolri Listyo Sigit, Layanan Secepat Pizza hingga Aktifkan Pamswakarsa

Menurut Dimyati, tanpa independensi dan soliditas, akan lahir oknum-oknum anggota polisi di tubuh Polri yang hanya bekerja untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

Namun, ia yakin komjen Listyo Sigit merupakan orang yang tegak lurus menjalankan tugasnya. Sebab, merupakan "faksi" Presiden Joko Widodo.

"Jika ada oknum yang nakal, maka masing-masing personel akan bekerja untuk kepentingan pribadi atau kelompok," ujarnya.

"Saya tahu Pak Sigit ini faksi Pak Jokowi. Jadi betul-betul sejalan dengan visi dan misi Presiden, jadi netral betul untuk bangsa dan negara.”

BERITA TERKAIT

Bertalian dengan itu, Dimyati pun menanyakan sejumlah hal kepada Sigit. Di antaranya, pendapat Sigit tentang upaya reformasi Polri dan strategi khusus untuk menuntaskan reformasi Polri di masa mendatang.

Sementara itu, calon Kapolri Listyo Sigit sebelumnya mengatakan pihaknya mencanangkan konsep transformasi Polri bila terpilih menjadi Kapolri.

Dalam konsep yang disusunnya, terdapat tiga nilai utama yang menjadi fokus transformasi yang ditawarkannya.

"Yakni dengan tranformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi yang berkeadilan Kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi," kata Listyo.

Listyo menambahkan, konsep operasional dengan rencana yang nyata dan rasional itu akan menjadi dasar guna mewujudkan harapan masyarakat.

SAMPAIKAN 8 KOMITMEN

Pada kesempatan itu, Calon tunggal kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyampaikan delapan komitmennya bila dilantik memimpin institusi Polri nanti.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas