Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kabar Ali Kalora Tertembak saat Kontak Senjata Masih Simpang Siur, Humas Polri: Belum Ada Konfirmasi

Polri menyatakan kabar pimpinan kelompok jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso Ali Kalora tertembak masih simpang siur.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kabar Ali Kalora Tertembak saat Kontak Senjata Masih Simpang Siur, Humas Polri: Belum Ada Konfirmasi
Via Surya
Ali Kalora, Pimpinan Kelompok Separatis MIT. ( Kolase Kompas TV dan Wikipedia). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri menyatakan kabar pimpinan kelompok jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso Ali Kalora tertembak dalam insiden kontak senjata dengan Satgas Madago Raya masih simpang siur.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan Polri hanya baru bisa memastikan dua anak buah Ali Kalora Cs yang tewas dalam insiden baku tembak.

"Belum ada konfirmasi masalah Ali Kalora tertembak ya. Tapi memang yang berkegiatan di sana jelas kelompok Ali Kalora. Tapi khusus menyangkut Ali Kalora sendiri kami belum dapat konfirmasi," kata Brigjen Rusdi dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (6/3/2021).

Namun demikian, kata Rusdi, Polri masih tengah terus berkoordinasi dengan satgas Madago Raya untuk dalami informasi tersebut.

"Nanti kalau ada informasi lebih jelas akan pasti disampaikan, saat ini belum muncul nama Ali Kalora," ujar dia.

Baca juga: Polri Pastikan 2 Teroris Poso yang Tewas Tak Miliki Hubungan Darah Dengan Ali Kalora

Baca juga: Pentolan Teroris Poso Ali Kalora Diduga Alami Luka Tembak Saat Kontak Senjata Dengan TNI-Polri

Diberitakan sebelumnya, Satgas Madago Raya terlibat baku tembak dengan Kelompok jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso. Lokasinya pertama kali terendus saat kelompok pimpinan Ali Kalora itu tengah mengambil bahan makanan.

BERITA REKOMENDASI

Ketika itu, kelompok Ali Kalora Cs tengah akan mengambil makanan atau logistik dari seorang kurir di wilayah pegunungan Andole, Poso, Pesisir Utara sekitar pukul 18.20 WIB pada Senin 1 Maret 2021.

Namun, Satgas Madago Raya telah terlebih dahulu mengendus gerak-gerik pelaku. Alhasil, keduanya pun terlibat kontak tembak yang berujung 2 orang kelompok Ali Kalora Cs tewas.

"Jadi berdasarkan informasi, mereka ini mau mengambil bahan makanan dari kurir. Kemudian dilakukan penyergapan, hasilnya dari tim Madago Raya ini ada terjadi kontak tembak," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Didik Supranato kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Satgas memburu anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali kalora di Poso, Sulawesi Tengah.
Satgas memburu anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali kalora di Poso, Sulawesi Tengah. (Tribun Palu)

Namun, Didik tidak menjelaskan lebih lanjut perihal identitas kurir yang menyuplai logistik kepada Ali Kalora Cs. Dia hanya bilang kurir tersebut menyimpan logistik ke titik lokasi yang ditentukan.

"Mereka ada kurirnya yang rencana mau naik, mau ambil makanan. Tapi sebelum itu sudah dilakukan penyatronan. Mereka kan punya titik tertentu. Tidak naik gunung, artinya ada titik tertentu yang sudah disepakati untuk mereka mengambil. Informasi ini yang kami peroleh dari Satgas," pungkasnya.

Sebelumnya, Satgas Madago Raya dikabarkan alami kontak tembak dengan kelompok jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso alias kelompok Ali Kalora Cs pada Senin (1/3/2021) kemarin.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Didik Supranato menyatakan dua orang yang tergabung dalam kelompok Ali Kalora Cs telah dinyatakan tewas dalam baku tembak tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas