Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Badge Awards Tidak Akan Diberikan Untuk Kasus Saling Lapor, Hanya Kasus Luar Biasa Saja

penghargaan hanya diberikan untuk kasus yang luar biasa dan luput dari perhatian penyidik Siber Bareskrim Polri.

Badge Awards Tidak Akan Diberikan Untuk Kasus Saling Lapor, Hanya Kasus Luar Biasa Saja
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Slamet Uliandi (kiri) bersama Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengungkapan penyebaran berita bohong (hoax) di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/7/2020). Direktorat Siber Bareskrim Polri menangkap dua orang tersangka penyebar hoax tentang kondisi perbankan di Indonesia. Kedua tersangka memprovokasi masyarakat untuk menarik uang dari bank dan mengaitkan keadaan saat ini dengan kondisi pada 1998. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi menyebut badge awards yang direncanakan Polri tidak diberikan untuk kasus saling lapor dalam dugaan tindak pidana di media sosial.

Menurut Slamet, penghargaan hanya diberikan untuk kasus yang luar biasa dan luput dari perhatian penyidik Siber Bareskrim Polri.

"Kasus yang kami sulit mengungkapnya. Kalau kasus hanya saling lapor yang tentunya kita bisa ungkap, bukan sesuatu hal yang luar biasa," kata Slamet di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Slamet mencontohkan kasus penipuan di media sosial ataupun fintech.

Sebaliknya, apapun kasus kejahatan di media sosial yang dilaporkan dan dianggap sulit bakal mendapatkan Badge Awards.

Tentunya, kata dia, informasi itu harus dapat terverifikasi kebenarannya.

Polri bakal memberikan Badge Awards setelah pelaku telah dipidana dengan berkekuatan hukum tetap.

Baca juga: Badge Awards Dikhawatirkan Jadi Wadah Warga Saling Lapor

"Nanti kami cek pelakunya ini, kami sidik memenuhi unsur dan dipidanakan, setelah putus (pengadilan), baru kami kasih digital badgenya. Itu bentuk penghargaan kami kepada pemberi informasi," tukas dia.

Diketahui, masyarakat bisa dilaporkan melalui direct messages (DM) atau pesan langsung melalui akun sosial media Polri atau akun instagram @ccicpolri.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menilai rencana Tim Siber Bareskrim Polri memberikan Badge Awards bagi masyarakat yang dinilai aktif berpartisipasi melaporkan dugaan tindak pidana di media sosial berpotensi membuat warga takut berpendapat.

Halaman
123
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas