Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wacana Presiden 3 Periode

Refly Harun Khawatir Orang-orang di Sekitar Presiden Menggoda Jokowi untuk Perpanjang Masa Jabatan

Refly meyakini di lingkaran istana juga terjadi persaingan antara elite di pemerintahan yang juga merupakan petinggi partai koalisi.

Refly Harun Khawatir Orang-orang di Sekitar Presiden Menggoda Jokowi untuk Perpanjang Masa Jabatan
Foto Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi mendesak aparat militer di Myanmar menghentikan penggunaan kekerasan dalam menghadapi pengunjuk rasa agar tidak menambah korban. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar hukum tata negara Refly Harun mengkhawatirkan orang-orang sekitar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggoda mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk memperpanjang masa jabatan presiden 3 periode.

Meskipun Presiden Jokowi telah menyatakan sikapnya menolak wacana Presiden tiga periode.

Refly mencontohkan bagaimana Soekarno ditetapkan sebagai Presiden seumur hidup oleh dua kekuatan besar saat itu, yakni Angakatan Darat, PKI, dan lain sebagainya

"Ketika Soekarno ditetapkan sebagai presiden seumur hidup kan itu terjadi karena ada konstelasi politik di seputar Bung Karno, antara PKI, Angkatan Darat dan lain sebagainya. Bung Karno dianggap sebagai solusi, sebagai balance of power, karena kekuatan-kekuatan yang berkelahi ini nggak mau dia berhadapan. Akhirnya ya sudah lah daripada kita cakar-cakaran, jadikan Soekarno presiden seumur hidup dan kita tetap di lingkar elite kekuasaan," ujar Refly dalam diskusi ‘Fadjroel Vs Refly “Bukan Tak Mungkin Jabatan Dewan Pembina untuk Jokowi,”’ di Channel Youtube Karni Ilyas Club, dilihat Minggu (21/3/2021).

Bukan tidak mungkin, kata Refly, ada orang-orang di lingkar kekuasaan Jokowi punya pemikiran yang sama.

"Pak Jokowi nya enggak mikir begitu (jabatan 3 periode), tetapi orang-orang di seputar kekuasaan, tidak termasuk Bung Fadjroel tentunya," kata Refly dalam kanal Youtube Karni Ilyas Club, dilihat Sabtu (20/3/2021).

"Godaan ini yang kemudian akan membuat orang bisa berubah jadi nanti ya premisnya bilang begini, ‘saya sih tidak mau, tapi saya tunduk pada kemauan rakyat.’ Ini kan susah jadinya," jelas Refly.

Di atas kertas, perubahan konstitusi mungkin dilakukan karena Presiden Jokowi sudah menguasai lebih dari separuh suara MPR mengingat aturannya untuk mengubah hanya perlu separuh plus satu.

Namun dia mengatakan sejarah belum pernah membuktikan ada perubahan konstitusi di masa damai.

Baca juga: Arief Sebut Aturan Masa Jabatan Presiden 2 Periode Era MPR Amien Rais Copy Paste dari Amerika

Baca juga: KSP ke Amien Rais: Lagi Tidur Siang Disambar Petir, Lalu Bangun Sebut Jokowi Mau 3 Periode

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas