Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan BMKG, Hujan Lebat Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan di Beberapa Wilayah Indonesia

Ada juga potensi terbentuknya awan Cumolonimbus di sejumlah wilayah. Oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dalam penerbangan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
zoom-in Prakiraan BMKG, Hujan Lebat Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan di Beberapa Wilayah Indonesia
https://www.freepik.com/
Ilustrasi hujan petir 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan hujan lebat masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan.

Hal itu dikatakan Dwikorita dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin, (22/3/2021).

"Untuk Prakiraan sepekan ke depan potensi hujan lebat masih terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Barat kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara juga di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara kemudian di Maluku, Papua, dan Papua Barat," kata Dwi.

Baca juga: Info BMKG Selasa, 23 Maret 2021: Waspada Gelombang Tinggi di Laut Natuna Utara Capai 4 Meter

Selain itu, kata dia, potensi terbentuknya awan Cumulonimbus masih terjadi di sejumlah wilayah. Oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dalam penerbangan.

"Masih ada potensi awan Cumulonimbus yang mengganggu penerbangan ada di beberapa wilayah yang tertera di dalam peta," kata dia.

Tidak hanya itu, gelombang tinggi juga kata Dwi masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan di sejumlah perairan. Diantaranya sebelah barat Sumatera, yaitu di Samudra Hindia dan perairan sebelah Selatan Jawa, hingga Nusa Tenggara serta di Laut Natuna.

BERITA REKOMENDASI

"Ini selalu di wilayah-wilayah tersebut dan di Samudra Pasifik, tapi ini cukup jauh yang Samudra Pasifik ini tidak terlalu dekat dengan wilayah Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas