Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Masa Jabatan Presiden

Pengamat IPI: Penolakan Megawati Tandai Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode Telah Berakhir

Karyono Wibowo menilai pidato Megawati Soekarnoputri menjadi senjata pamungkas untuk mengakhiri polemik wacana jabatan presiden tiga periode.

Pengamat IPI: Penolakan Megawati Tandai Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode Telah Berakhir
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi senjata pamungkas untuk mengakhiri polemik wacana jabatan presiden tiga periode.

"Ibarat permainan polemik tentang jabatan presiden tiga periode sudah "game over", alias sudah tamat, setidaknya untuk babak pergulatan politik sementara ini," katanya dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Jumat (26/3/2021).

Alasannya, Karyono menyebut, tidak hanya Megawati yang menolak, tetapi Presiden Jokowi dan mayoritas fraksi di MPR juga menolak usulan tersebut.

Baca juga: Wacana Presiden 3 Periode, Arief Poyuono: Sayang Punya Pemimpin Bagus Tidak Bisa Terus

"Tingkat resistensi publik juga sangat besar menolak perubahan masa jabatan presiden 3 periode. Beleid dalam UUD Negara Republik Indonesia 1945 yang membatasi periode masa jabatan presiden hanya 2 periode sudah dinilai ideal," katanya

Dia menambahkan, masuknya pasal tentang pembatasan masa jabatan presiden ini merupakan salah satu buah reformasi.

"Tujuannya agar tidak terjadi pemusatan kekuasaan yang menggiring pada sikap otoriter seperti yang terjadi di masa orde baru. Pembatasan periode jabatan presiden 2 periode bertujuan agar proses demokrasi dan regenerasi berjalan baik," pungkas Karyono.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri angkat bicara terkait isu penambahan masa masa jabatan kepresidenan dari dua periode menjadi tiga periode.

Baca juga: Soal Usul Masa Jabat Presiden 3 Periode, Arief Poyuono Singgung MPR Era Amien Rais

Dirinya menuding balik pihak yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menjadi presiden selama tiga periode.

"(Jokowi) berkeinginan katanya 3 periode. Yang omong itu yang kepengin sebetulnya. Siapa tahu suatu saat dia bisa 3 periode," kata Megawati dalam peluncuran buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam', yang disiarkan channel Youtube PDI-P, Rabu (24/3/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas