Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ketua DPD RI Sampaikan Sembilan Substansi RUU Daerah Kepulauan di Rakornas Aspeksindo

La Nyalla Mattalitti membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia

Ketua DPD RI Sampaikan Sembilan Substansi RUU Daerah Kepulauan di Rakornas Aspeksindo
ist
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Hotel Century Jakarta, Rabu (31/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) sekaligus seminar nasional 2021 di Hotel Century Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh La Nyalla didampingi Ketua Umum Aspeksindo yang juga Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud.

Baca juga: Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono: Semua Pihak Harus Bersatu Agar RUU Daerah Kepulauan Segera Disahkan

Rakornas ini membahas pelaksanaan Musyawarah Nasional Munas II, Prolegnas 2021 tentang RUU Daerah Kepulauan dan Kebijakan Nasional serta program strategis lainnya.

"Saya yakin RUU Daerah Kepulauan tersebut sudah mengakomodasi dan memberi jalan keluar beberapa persoalan yang dialami oleh pemerintah daerah kepulauan dan pesisir termasuk permasalahan rendahnya indeks kemandirian fiskal di daerah yang bercirikan kepulauan," jelas La Nyalla.

Menurutnya, diperlukan upaya bersama berjuang agar RUU Daerah Kepulauan ini segera menjadi Undang-Undang di tahun ini.

Baca juga: Ketua DPD RI Sampaikan 9 Substansi RUU Daerah Kepulauan Saat Seminar Nasional Aspeksindo

"Karena kita tahu banyaknya RUU yang masuk dalam Prolegnas 2021 baik RUU inisiatif DPR RI, pemerintah, maupun DPD RI," ujar La Nyalla.

La Nyalla menekankan pentingnya dukungan dari Aspeksindo mengingat bagi pemerintah pusat bahwa RUU tersebut dapat meningkatkan konsekuensi jumlah dana yang harus ditransfer ke daerah.

Baca juga: Ketua DPD RI: Stop Kekerasan Terhadap Jurnalis!

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan RUU tentang Daerah Kepulauan memiliki 9 subtansi penting di antaranya perhatian khusus atas paradigma pembangunan maritime based, selain paradigma land based yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

"Faktanya, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 8 provinsi dan 85 kabupaten/kota di Indonesia yang bercirikan daerah kepulauan dan pesisir pantai," tutur LaNyalla.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas