Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yenny Wahid: PR Buat Indonesia Mengatasi Teroris Milenial, Termasuk Perempuan

Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid melihat ada 'pekerjaan rumah' bagi Indonesia dalam menangkal 'virus' radikalisme yakni teroris milenial.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Yenny Wahid: PR Buat Indonesia Mengatasi Teroris Milenial, Termasuk Perempuan
Instagram @yennywahid
Yenny Wahid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Direktur Wahid Foundation, Zannuba Arifah Chafsoh atau akrab disebut Yenny Wahid melihat ada 'pekerjaan rumah' bagi Indonesia dalam menangkal 'virus' radikalisme.

"Yang jadi PR buat kita adalah, teroris milenial termasuk yang ada di dalamnya adalah Perempuan," ujar Yenny kepada Tribun Network di Jakarta, Kamis (8/4) dua hari lalu.

Menurut Yenny kalangan milenial rentan merasa gelisah, cemas, dan rentan terhadap tekanan dari lingkungan.

"Bahaya jika mereka merasa tidak berarti, karena mereka ingin dianggap, eksis, kemudian dikasih muatan agama supaya mereka eksis, tapi eksisnya keliru," imbuh Yenny.

Baca juga: Bambang Pamit Sebagai Menristek, Jokowi Bentuk Kementerian Investasi, Isu Reshuffle Menggema

Baca juga: Jokowi Jadi Imam di Masjid Babul Janah, Ternyata Imam Masjid Jadi Korban Banjir, Belum Ditemukan

Menjadi pekerjaan rumah bersama atau seluruh pihak agar sama-sama bisa melawan gerakan-gerakan radikal.

"Ini PR besar kita bagaimana menumbuhkan resiliensi terhadap anak muda agar bisa lebih kuat, tidak tertarik dengan narasi itu," kata Yenny.

Berikut petikan wawancara Tribun Network bersama Yenny Wahid:

BERITA REKOMENDASI

Bagaimana Anda melihat isu radikalisme saat ini?

Isu radikalisme kita banyak bekerjasama dengan BNPT. Kita banyak bekerjasama dengan lembaga-lembaga anti terorisme di Saudi juga. Sudah lama terjalin dengan negara-negara timur tengah juga. Kalo saya pribadi, saya menjadi adviser untuk hedayah, yaitu Think Thank yang berbasis di Abu Dhabi, yang didirikan oleh putera mahkota Abu Dhabi.

Kegiatan nya untuk mencounter isu terorisme. Jadi semua negara global. Hubungan global, terutama untuk negara-negara Islam memang sudah terjalin dan bahkan ditingkatkan lagi.

Karena fenomena terorisme bukan fenomena lokal, melainkan fenomena transnasional sehingga membutuhkan kerja sama dengan berbagai negara. Karena yang mensuplai senjata juga dari luar negeri, yang mensuplai dana juga dari luar negeri. Jadi betul-betul perlu kerja sama, mulai dari intelegen hingga kerja sama pelatihan dan membangun narasi. 

Membangun narasi itu penting, karena banyak masyarakat Indonesia yang kiblat nya ke timur tengah. Penting sekali negara timur tengah menciptakan narasi yang toleran, menjunjung perdamaian, mendukung kemerdekaan, dan trennya sekarang mulai terlihat.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, dan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid di sela peluncuran buku ‘Duta Antara Dua Kutub’ di Jakarta, Kamis (8/4/2021).
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, dan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid di sela peluncuran buku ‘Duta Antara Dua Kutub’ di Jakarta, Kamis (8/4/2021). (Dennis Destryawan)

PR besar kita untuk menangkal virus radikalisme?

Radikalisme itu faktornya itu bukan persoalan ajaran agama, ini dari hasil penelitian kami (Wahid fondasi). Faktor terbesar yang mendorong orang jadi radikal adalah perasaan gelisah, cemas, marah, dan adanya ketidakadilan yang dia ingin meluruskannya. Atau juga rasa frustasi, kegelisahan dan rasa tidak percaya diri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas