Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bulan Bung Karno

Peringati Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Adakan Festival Karya Video Pahlawan Desa

Peringatan Bulan Bung Karno wajib dilaksanakan oleh struktural partai, eksekutif partai, dan legislatif partai dengan membuka partisipasi seluas-luas

Peringati Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Adakan Festival Karya Video Pahlawan Desa
WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ilustrasi.Sebanyak 1000 peserta mengikuti kegiatan Gerak Jalan Sehat Bung Karno Bapak Bangsa di Bundaran HI, Minggu (14/6/2015). Menurut Panitia Pengarah Bulan Bung Karno, M Prananda Prabowo, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai nilai nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti yang telah diaktuaisasikan oleh Bung Karno. Bung Karno Lahir pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Tahun ini peringatan Bulan Bung Karno dirayakan DPP PDI Perjuangan dengan cara yang berbeda.

PDI Perjuangan menyiapkan rangkaian peringatan Bulan Bung Karno melalui virtual, mengingat momen pandemi dan mendukung Pemerintah mengeluarkan larangan berkumpul.

Peringatan Bulan Bung Karno 2021 PDI Perjuangan mengambil tema “Bhinneka Tunggal Ika, Kerja Gotong Royong Untuk Desa Maju, Indonesia Kuat dan Berdaulat”. Semua kader Partai dari yang duduk sebagai kepala daerah - struktural Partai Pusat sampai pengurus ranting / desa - anggota DPRD Kab/ kota dihimbau untuk turut menyemarakkan Bulan Bung Karno ini.

“Peringatan Bulan Bung Karno wajib dilaksanakan oleh struktural partai, eksekutif partai, dan legislatif partai dengan membuka partisipasi seluas-luasnya kader partai, anggota partai, simpatisan, dan masyarakat luas,” ujar Abidin Fikri selaku ketua panitia peringatan Bulan Bung Karno 2021, Sabtu (5/6/2021).

Selain itu, Abidin menjelaskan bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan Negara. Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan desa. Membangun indonesia dari desa.

Turut hadir dalam acara Lauching Festival Pahlawan Desa Aria Bima selaku ketua Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko ketua umum inovator 4.0 dan hadir juga sineas muda indonesia Ryan Sebastian menjadi Narasumber utama dalam Lauching Festival Pahlawan Desa.

Ketua Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan bahwa Festival Pahlawan Desa merupakan sebuah kegiatan untuk mengapreasiasi dan mengangkat kisah-kisah para pahlawan dari desa, agar tidak begitu saja terlewatkan, terpinggirkan, untuk kemudian bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda saat maupun yang akan datang.

“Festival ini diharapkan mampu menyambungkan pengalaman-pengalaman para tokoh desa masa lalu, pahlawan-pahlawan desa masa lalu, untuk kemudian menjadi motivasi bagi munculnya sosok-sosok tokoh desa, pahlawan-pahlawan desa saat ini maupun di masa depan untuk merespon perubahan zaman, perubahan situasi, dan perubahan masalah dan tantangan di desa”, jelas Aria Bima.

Baca juga: Megawati Ingatkan Kader PDIP: Kalau nggak Mau Diberi Tugas oleh Partai, Out Saja, Mundur

Selain itu, Bima mengatakan bahwa Festival Pahlawan Desa ini di helat sebagai salah satu cara untuk mentradisikan satu peristiwa tentang bagaimana mengingat kembali, melihat lebih cermat kondisi sekitar, melihat lebih jernih orang-orang yang semestinya mendapatkan perhatian karena karya nyatanya di desa.

“Membumikan kepahlawanan di desa-desa, di wilayah atau komunitas terkecil, akan menjadi inspirasi besar bagi generasi muda milenial dan dengan cara itulah kita akan membangun bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan,” lanjut Bima.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas