Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mengenal Sosok Ahmadi Heri Purwono yang Disebut Jadi Calon KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono

Kursi KSAL seharusnya bisa diisi oleh Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang saat ini menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal).

Mengenal Sosok Ahmadi Heri Purwono yang Disebut Jadi Calon KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono
dok. TNI AL
Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan akan segera memasuki masa pensiun tahun ini. Karenanya, pergantian jabatan sebagai Panglima TNI ke pejabat yang baru tinggal menunggu waktu.

Diantara bursa calon Panglima TNI yang baru, sosok Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono disebut-sebut sebagai yang akan menggantikan posisi Hadi TJahjanto.

Memang, jika diihat dari urutan giliran menjabat, posisi sebagai Panglima TNI saat ini menjadi 'jatah'-nya matra TNI AL. 

Pengamat pertahanan dan keamanan Robi Sugara mengatakan ada banyak alasan kenapa Yudo yang akan melanjutkan tongkat Panglima TNI berikutnya.

Di antaranya adalah karena pertama, pergantian giliran dari masing-masing matra periode ini adalah jatah dari matra Angkatan Laut.

Kedua, Laksamana TNI Yudo Margono adalah pribadi yang memiliki integritas yang baik dibandingkan dengan kandidat lainnya yang belakangan disebut-sebut juga akan naik.

Namun Robi menegaskan, keputusan tentang siapa sosok Panglima TNI baru yang akan dipilih, sepenuhnya akan berada di tangan Presiden Jokowi.

“Meski keputusan sosok Panglima TNI pada akhirnya ada di tangan Presiden, tetapi pemilihan Yudo Margoo sebagai Panglima TNI adalah keputusan yang tepat,” ungkap Robi yang juga dosen di Pengkajian Stratejik Hubungan Internasional FISIP UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kemudian, dengan diangkatnya KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, maka posisi Kepala Staf TNI AL (KSAL) menjadi kosong.

Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono2
Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono

Terkait ini, Robi mengatakan kursi KSAL seharusnya bisa diisi oleh Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang saat ini menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas