Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Reza Indragiri Amri Apresiasi Tingkat Kepercayaan terhadap Polri yang Terus Membaik

Reza Indragiri Amril  mengatakan para ilmuwan meninjau bahwa kepercayaan terhadap polisi akan berefek pada dua hal.

Reza Indragiri Amri Apresiasi Tingkat Kepercayaan terhadap Polri yang Terus Membaik
Tangkap layar kanal YouTube Baitul Maal Hidayatullah
Pengamat Kepolisian, Reza Indragiri Amriel 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut tingkat kepercayaan dan kepuasan publik terhadap Polri terus meningkat saat implementasi 100 hari kerja program Presisi.

"Hasil capaian yang baik tersebut didasarkan pada hasil survei yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survei nasional yang kredibel pada tahun 2021," kata Sigit dalam Rapat Kerja Jajaran Polri dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Terkait hal tersebut, Pengamat Kepolisian Reza Indragiri Amril mengatakan siapa yang tak gembira menyimak paparan Kapolri bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat.

"Kini mengacu survei derajat kepercayaan itu berada pada angka delapan puluhan persen," ujarnya.

Menurut dia, angka sedemikian tinggi membuktikan bahwa betapa pun Polri sempat mendapat sorotan tajam dalam berbagai kasus yang jadi sorotan masyarakat namun secara keseluruhan khalayak luas tetap bersikap positif terhadap lembaga Tribrata.

"Tentu, konsekuensi sebagai lembaga penyedia layanan bagi masyarakat, kepercayaan tinggi yang Polri peroleh itu tidak berhenti pada sajian angka. Kepercayaan terhadap lembaga kepolisian harus berimplikasi terhadap situasi nyata di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Kapolri Paparkan 15 Aplikasi Layanan Publik Semudah Pesan Pizza 

Dalam konteks ini, Reza Indragiri Amril  mengatakan para ilmuwan meninjau bahwa kepercayaan terhadap polisi akan berefek pada dua hal.

Pertama, tingkat kepatuhan masyarakat pada hukum.

"Untuk menakarnya, yang termudah adalah dengan melihat apakah peristiwa kejahatan mengalami penaikan atau penurunan," katanya.

Semestinya, lanjut dia,  karena kepercayaan membuat masyarakat lebih taat hukum, maka aksi kriminalitas akan menurun dan pelanggaran lalu lintas juga berkurang signifikan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas