Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kementerian PANRB: Pandemi Tak Membatasi Layanan dan Inovasi di Ruang Akademi

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didorong melakukan penyederhanaan proses bisnis pelayanan mereka, terutama kepada mahasiswa

Kementerian PANRB: Pandemi Tak Membatasi Layanan dan Inovasi di Ruang Akademi
net
Ilustrasi pendidikan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didorong melakukan penyederhanaan proses bisnis pelayanan mereka, terutama kepada mahasiswanya. 

Tidak hanya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring, pengurusan administrasi pun sebaiknya menggunakan teknologi informasi secara optimal. 

Keterbatasan kegiatan fisik selama pandemi Covid-19 tidak serta merta membatasi ruang gerak pendidikan. 

Hal tersebut diungkapkan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, saat menjadi narasumber dalam Webinar Standar Pelayanan Publik Prima di Perguruan Tinggi di Masa Pandemi, secara virtual, Jumat (9/7/2021). 

“Layanan akademik seperti pengurusan kartu mahasiswa, ijazah, dengan data mahasiswa yang terintegrasi melalui sistem informasi. Begitu juga layanan perpustakaan, agar dapat diakses oleh mahasiswa dari mana pun dan kapanpun, dapat di dukung melalui penyediaan koleksi buku digital dan akses jurnal elektronik,” ungkap Diah. 

Jika nantinya standar pelayanan di UIN sudah tersusun, pihak UIN harus mempublikasikannya melalui berbagai media, termasuk media sosial.

Media informasi ini berguna bagi pengguna layanan dan stakeholder terkait perubahan proses bisnis dan standar pelayanan di UIN selama pandemi. 

Diah juga berharap rektor dan para pimpinan kampus untuk menciptakan Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai wadah konsultasi, pengaduan, dan menampung masukan. 

Baca juga: Formasi CPNS Kementerian ESDM 2021, Lengkap dengan Kualifikasi Pendidikan dan Jadwal Pendaftaran

Sebagai perguruan tinggi berasas keagamaan, stakeholder UIN tidak hanya mahasiswa, tetapi juga calon mahasiswa, orang tua, serta pihak dari Kementerian Agama. Tentu di masa pandemi ini, forum tersebut dilakukan secara daring melalui berbagai portal. 

Misalnya, UIN bisa membuat forum khusus untuk mahasiswa disabilitas dan menampung berbagai macam keluhan, masukan, serta kebutuhan mereka. 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas