Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

KNPI Minta PON XX Papua Ditunda Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Delta

KNPI mendesak Menpora Zainuddin Amali dan Presiden RI Joko Widodo untuk menunda penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

KNPI Minta PON XX Papua Ditunda Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Delta
TRIBUNNEWS.COM/IST
Ketua Umum KNPI Haris Pertama sudah sejak jauh-jauh hari, sebelum Covid-19 varian Delta merebak, meminta Menpora RI membatalkan PON XX 2021 Papua untuk dibatalkan demi alasan kemanusiaan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPP KNPI melalui Ketua Bidang Olahraga Sumardi Evulae mendesak Menpora Zainuddin Amali dan Presiden RI Joko Widodo untuk menunda penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Alasannya karena lonjakan penyebaran Covid-19 varian Delta semakin memprihatinkan dan menyebar ke semua daerah, tidak terkecuali di Tanah Papua, tempat penyelenggaraan pesta olahraga nasional ini.

"Penyelenggaraan PON XX Papua 2021 akan berpotensi menjadi cluster baru, disaat banyak penderita Covid-19 membuat fasilitas kesehatan tidak mampu menangani situasi yang ada, tenaga medis kelelahan menangani pasien, bahkan ikut ada korban," ujar Sumardi dalam keterangannya, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: PON Masih Sesuai Rencana kata Zainudin Amali

Sumardi juga menegaskan bahwa memaksakan even dengan skala besar akan menjadi masalah baru bagi pemerintah karena hingga perpanjangan PPKM Darurat sampai 25 Juli 2021, situasi di banyak daerah masih dalam kategori PPKM level III dan IV.

"Artinya masih dalam situasi membahayakan," ujar Sumardi.

Baca juga: Tim Bola Tangan DKI Jakarta yang Disiapkan ke PON Papua Berkurban Sapi

Bahkan Ketua Umum KNPI Haris Pertama sudah sejak jauh-jauh hari, sebelum Covid-19 varian Delta merebak, meminta Menpora RI membatalkan PON XX 2021 Papua untuk dibatalkan demi alasan kemanusiaan.

Penundaan bahkan pembatalan PON XX Papua 2021 menjadi cara terbaik dalam menahan laju penyebaran virus Corona dan menghindari cluster baru dari Tanah Papua hingga mencapai target vaksinasi.

Sebab vaksinasi yang digalakkan pemerintah masih jauh dari harapan dan tidak memungkinkan herd immunity tercapai.

"Karena alasan gelombang ke-2 Covid-19 ini maka pemerintah harus menunda bahkan membatalkan PON XX 2021 Papua," katanya.

"Kita tidak menginginkan kematian warga negara semakin bertambah karena even tersebut," tegas Ketum KNPI Haris Pertama menambahkan.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas