Tribun

Survei Charta Politika: 34% Masyarakat Tidak Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Survei itu menunjukkan kalau tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sudah tinggi.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
Survei Charta Politika: 34% Masyarakat Tidak Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Statistik tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang disajikan Charta Politika Indonesia, Kamis (12/8/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Nasional Charta Politika Indonesia, mengeluarkan hasil survei terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo bersama Ma'ruf Amin.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, berdasarkan temuan pihaknya melalui survei itu menunjukkan kalau tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sudah tinggi.

Hal itu dibuktikan adanya sekitar 60 persen masyarakat Indonesia yang merasa kinerja pemerintah sudah baik.

"Tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah berada pada angka 62.4 persen," kata Yunarto saat menyampaikan hasil survei yang dilakukan pihaknya secara daring, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Survei LSI: Makin Banyak Masyarakat yang Menilai Korupsi Meningkat

Kendati begitu, kata Yunarto, masih ada sekitar 30 persen lebih masyarakat yang merasa tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

"Tapi sementara tingkat ketidakpuasan publik terhadap kinerja pemerintah berada pada angka 34.1 persen dengan 3,5 persennya tidak memberikan respon," ucapnya menambahkan.

Adapun dari hasil temuan itu dominan masyarakat yang merasa tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi yakni berdomisili di Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, Maluku dan Papua.

Di mana persentase responden yang merasa tidak puas di ketiga wilayah tersebut mencapai lebih dari 40 persen.

"Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah tertinggi berada di wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali, NTB & NTT. Sementara tingkat kepuasan terendah berada di wilayah Maluku & Papua, Kalimantan, dan Sumatera," beber Yunarto.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas