Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaksa KPK Hadirkan Nurhadi Jadi Saksi untuk Terdakwa Ferdy Yuman 

sidang yang bakal digelar pada Jumat (20/9/2021) ini beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan JPU KPK, di antaranya Nurhadi.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jaksa KPK Hadirkan Nurhadi Jadi Saksi untuk Terdakwa Ferdy Yuman 
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Pengadilan Tipikor Jakarta kembali menggelar sidang lanjutan kasus suap dan gratifikasi eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono pada Kamis (18/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat bakal kembali menggelar sidang lanjutan untuk terdakwa Ferdy Yuman atas perkara perintangan penyidikan kasus mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

Adapun sidang yang bakal digelar pada Jumat (20/9/2021) ini beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK).

"Pemeriksaan saksi-saksi (agenda sidang hari ini)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Jumat (20/9/2021).

Baca juga: Dalam Sidang, Penyidik KPK Ungkap Ferdy Pernah Menyewakan Rumah untuk Nurhadi Saat Buron




Ali mengatakan, saksi yang dihadirkan pada sidang yang rencananya bakal digelar pada pukul 10:00 WIB itu satu di antaranya yakni terdakwa Nurhadi.

Tak hanya itu, jaksa KPK juga akan menghadirkan tiga orang lainnya termasuk anak dari Nurhadi.

"Saksi-saksinya antara lain Rezky, Nurhadi, Tin Zuraida, Aulia (anak Nurhadi), agenda sidang jam 10.00," tukasnya.

Sebagai informasi, dalam perkara ini, KPK resmi menahan Ferdy Yuman pada Minggu (10/1/2021).

BERITA TERKAIT

Plh Deputi Penindakan KPK Setyo Budiyanto menyatakan bahwa Ferdy Yuman merupakan supir yang bekerja untuk keluarga Rezky Herbiyono yang merupakan menantu dari Nurhadi sejak 2017. 

Baca juga: Jaksa Beberkan Siasat Ferdy Yuman Sembunyikan Nurhadi Saat Jadi Buron KPK

Dia disebut berperan besar dalam upaya Nurhadi sembunyi dari kejaran KPK.

Satu di antaranya adalah ketika KPK berupaya menangkap Nurhadi pada Juni tahun lalu di Jalan Simprug Golf 17 Suites 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Saat itu, menurut Setyo, Ferdy telah menunggu di dalam mobil Toyota Fortuner hitam dengan pelat nomor kendaraan yang diduga palsu.

Mobil itu terparkir di luar pintu gerbang rumah untuk bersiap-siap menjemput Rezky Herbiyono bersama keluarganya.

"Saat tim mendekati mobil tersebut, FY langsung pergi dengan mengemudi menggunakan kecepatan tinggi dan menghilang ke arah Senayan, sedangkan tim KPK kembali ke arah rumah Nurhadi dan berhasil menangkap dan mengamankan Nurhadi dan Rezky Herbiyono di dalam rumah tersebut," kata Setyo.

Baca juga: KPK Dakwa Ferdy Yuman Rintangi Penyidikan Eks Sekretaris MA Nurhadi dan Menantu

Ia menjelaskan pada 11 Februari 2020, KPK telah menerbitkan daftar pencairan orang (DPO) atas nama tersangka Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas