Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL Ajak Angkatan Laut AS, China, dan ASEAN Jaga Stabilitas Keamanan di Laut China Selatan

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan ia telah berbicara dengan Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat, China, dan negara-negara ASEAN untuk

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KSAL Ajak Angkatan Laut AS, China, dan ASEAN Jaga Stabilitas Keamanan di Laut China Selatan
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan jajarannya bersama atase pertahanan negara sahabat saat konferensi pers di Seskoal Jakarta Selatan pada Senin (23/8/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan ia telah berbicara dengan Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat, China, dan negara-negara ASEAN untuk bersama menjaga stabilitas keamanan di Laut China Selatan.

Yudo mengatakan para Kepala Staf Angkatan Laut baik dari Amerika Serikat, China, dan negara-negara ASEAN menyambut baik ajakannya tersebut.

"Saya sudah sepakat dengan KSAL Amerika Serikat dengan KSAL China saya sudah berbicara dan juga KSAL dari negara-negara ASEAN. Mereka sepakat untuk menjaga stabilitas (keamanan) khususnya di Laut China Selatan," kata Yudo di Seskoal Jakarta pada Senin (23/8/2021).

Yudo juga mengatakan TNI AL setiap hari berpatroli di Laut Natuna Utara yang berbatasan dengan Laut China Selatan.

Baca juga: Gandeng Puluhan Negara, TNI AL Gelar Simposium IMSS Ke-4 Bahas Tantangan Keamanan Maritim

Dalam patroli tersebut, kata Yudo, TNI AL berperan menjaga stabilitas kawasan dengan mengajak kapal-kapal militer asing yang melintas untuk latihan bersama.

"Jadi jangan Laut China Selatan ini dibuat sesuatu yang menakutkan. Tidak. Kita tiap hari patroli di sana. Kita ketemu negara-negara yang berlatih di sana, dan sering kita ajak latihan bersama," kata Yudo.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas