Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Tinjau Grab Vaccine Center Yogyakarta, Pusat Vaksinasi Ramah Penyandang Disabilitas

Dua aplikasi terkemuka di Indonesia, Grab dan Good Doctor terus berkolaborasi mengadakan Grab Vaccine Center.

zoom-in Presiden Jokowi Tinjau Grab Vaccine Center Yogyakarta, Pusat Vaksinasi Ramah Penyandang Disabilitas
grab.com
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyapa mitra Grab yang menjadi peserta vaksinasi di Grab Vaccine Center Yogyakarta. Ia meninjau langsung pusat vaksinasi yang menargetkan penyandang disabilitas, abdi dalem, lansia serta pekerja publik pariwisata dan transportasi di Jogja Expo Center, D.I Yogyakarta, (10/9). 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam rangka menyukseskan program vaksinasi nasional, dua aplikasi terkemuka di Indonesia, Grab dan Good Doctor terus berkolaborasi mengadakan Grab Vaccine Center.

Sebagai mitra swasta pertama dari Pemerintah Indonesia, sejak Februari 2021 Grab dan Good Doctor telah membantu distribusi vaksin ke lebih dari 150.000 masyarakat serta mitra pengemudi Grab di 54 kota.

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Grab Vaccine Center kembali hadir di DIY untuk gelombang kedua vaksinasi, tepatnya di Jogja Expo Center, pada tanggal 8 sampai 11 September 2021.

Istimewanya, pada pelaksanaan vaksinasi kali ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau secara langsung didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat serta seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan program vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk upaya pencegahan dari virus corona yang tidak mungkin hilang secara total.

Mengedepankan teknologi yang ramah bagi penyandang disabilitas

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pengadaan Grab Vaccine Center.

BERITA TERKAIT

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang sudah hadir untuk meninjau pelaksanaan Grab Vaccine Center gelombang kedua di Yogyakarta pada hari ini. Saya juga memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan dan juga seluruh panitia yang sudah berusaha bersama-sama untuk menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

“Gelombang pertama vaksinasi yang sudah dilaksanakan pada 14 hingga 17 Juni 2021 lalu berjalan dengan lancar dan sukses. Kini, gelombang kedua pusat vaksin kami hadirkan dengan aman, halal, serta memaksimalkan teknologi dan sumber daya yang ada. Grab Vaccine Center menjadikan penyandang disabilitas sebagai salah satu target vaksinasi dengan menghadirkan berbagai fasilitas dan akses yang ramah bagi mereka. Semoga melalui pusat vaksinasi ini dapat segera terbentuknya herd immunity sehingga membantu roda perekonomian lokal menjadi lebih baik,” tutur Ridzki.

Ramah penyandang disabilitas

Untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien, Grab Vaccine Center Yogyakarta menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi demi memberikan kenyamanan bagi para penerima vaksin.

Mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining, hingga penerapan pendaftaran, seluruhnya dilakukan melalui layanan GrabHealth yang infrastruktur didukung digital Good Doctor, dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kolaborasi dengan pendekatan teknologi di antara Grab dan Good Doctor tersebut juga bertujuan memberikan kemudahan serta memfasilitasi para penerima vaksin penyandang disabilitas. Maka dari itu, Grab Vaccine Center turut menghadirkan jalur masuk dan antrian khusus, akses untuk pengguna kursi roda, serta toilet ramah disabilitas.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana menyebutkan bahwa Good Doctor siap untuk terus berusaha menyukseskan program vaksinasi nasional melalui berbagai pendekatan teknologi.

”Good Doctor selalu siap menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional. Kami menyadari pentingnya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk mendukung pemulihan Indonesia. Pada Grab Vaccine Center, kami memanfaatkan fitur registrasi peserta vaksinasi serta fitur pre-screening yang dapat diakses melalui aplikasi Grab dan Good Doctor guna mengurangi kerumunan massa dan meminimalisir kasus batal atau tunda di lokasi vaksinasi,” terangnya.

Lebih lanjut lagi, para penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan dari Difabel Tanggap Bencana (DIFAGANA) dan penerjemah khusus untuk peserta Tuli. Selain itu, Grab juga mempersembahkan armada antar jemput khusus untuk perjalanan para penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi, meliputi Difabike powered by GrabGerak, ojek pertama yang melayani penyandang disabilitas dan masyarakat umum, serta layanan GrabGerak, transportasi roda empat dengan mitra pengemudi yang sudah dilatih agar ramah bagi penyandang disabilitas.

Sebanyak 8,000 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari penyandang disabilitas, para abdi dalem, lansia serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi telah mendapatkan vaksinasi melalui Grab Vaccine Center DIY.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas