Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Pertimbangan MAKI Belum Laporkan Pimpinan KPK Lili Pintauli ke Kejaksaan Agung

Pelaporan akan dilayangkan pada November mendatang jika Lili tidak mau juga mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ini Pertimbangan MAKI Belum Laporkan Pimpinan KPK Lili Pintauli ke Kejaksaan Agung
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyampaikan keterangan pers di gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/8/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan pihaknya bakal segera melaporkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar ke Kejaksaan Agung.

Rencana pelaporan itu, kata dia, akan dilayangkan pada November mendatang jika Lili tidak mau juga mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK.

"Saya kan sebenarnya masih memberi kesempatan sampai November untuk memohon beliau (Lili) mengundurkan diri. Kalau tidak ya saya terpaksa mengadukan hal yang sama seperti ICW. Kalau ICW ke Bareskrim saya ke Kejagung (Kejaksaan Agung)," kata Boyamin kepada awak media saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Pimpinan KPK Lili Pintauli Kembali Dilaporkan ke Dewas, Kali Ini Disebut Telah Buat Kebohongan

Akan tetapi, kata dia, pelaporan tersebut bukan tidak mungkin akan dilayangkan pihaknya dalam waktu dekat.

Bahkan katanya bisa dilakukan pada awal bulan depan.

Hal itu karena menunggu keputusan dari Pimpinan KPK yang akan melakukan pemecatan terhadap 56 pegawai KPK yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai alih status menjadi ASN.

BERITA TERKAIT

"Tapi mungkin mudah-mudahan kalau ini memang betul (pegawai KPK) diberhentikan nanti 30 September mungkin segera (dilaporkan) setelah itu, kan nunggu apalagi kan ini rangkaian," ucap dia.

Adapun alasan pihaknya belum melayangkan laporan terhadap Lili Pintauli Siregar ke Kejaksaan Agung saat ini karena sengkarut TWK masih berlangsung di KPK.

Boyamin tidak mau kalau MAKI dinilai sebagai penyandera para pimpinan KPK sebelum penetapan pemecatan para pegawai KPK pada akhir bulan ini.

"Kaitannya dengan TWK seakan-akan nyandera pimpinan KPK untuk tidak mecat dituduh nya begitu, tapi kalau memang tanggal 30 itu dipecatkan saya bisa dan sudah tidak ada apa-apa," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Lili Pintauli Siregar didesak mundur dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua KPK itu diberi waktu hingga November 2021 untuk menanggalkan jabatannya.

"Terkait dengan Bu Lili saya masih memberikan kesempatan untuk memundurkan diri kira-kira ya sampai November," ucap Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/9/2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas