Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

BRIN Lakukan Sosialisasi Soal Alat Deteksi Dini Tsunami Buoy Kepada Masyarakat Pesisir Banten

Selain melakukan pemasangan, OR PPT juga terus menggiatkan sosialisasi terkait keberadaan dan manfaat InaBoy kepada masyarakat.

BRIN Lakukan Sosialisasi Soal Alat Deteksi Dini Tsunami Buoy Kepada Masyarakat Pesisir Banten
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Alat deteksi tsunami 'Buoy Merah Putih'. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus menyiapkan teknologi mutakhir dalam mengantisipasi bencana alam, termasuk kembali memasang sistem pendeteksi dini tsunami atau Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) berbasis Buoy.

Perlu diketahui, melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT), BRIN akan melakukan pemasangan 7 InaBuoy sepanjang tahun ini.

Namun, karena teknologi ini rawan mengalami kerusakan dan beberapa kali rusak akibat aksi vandalisme, maka harus ada edukasi kepada masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di kawasan pesisir.

Karena itu, selain melakukan pemasangan, OR PPT juga terus menggiatkan sosialisasi terkait keberadaan dan manfaat InaBoy tersebut kepada masyarakat.

Ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan teknologi pendeteksi dini tsunami yang sebelumnya telah dideploy maupun akan disebar pada berbagai titik rawan bencana di tanah air.

Untuk kegiatan sosialisasi kali ini, dilakukan di UPT Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu, Serang, Banten, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Jadi Lembaga Riset, Komisi VII Setujui Pagu Anggaran BRIN Rp10,51 Triliun

Sosialisasi tidak diikuti para ketua kelompok nelayan serta perwakilan anggotanya saja.

Namun juga tokoh masyarakat serta instansi terkait yang ada di provinsi tersebut, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kelautan dan Perikanan, LANAL Banten, Polairud, Pengelola Pelabuhan, Kantor Kecamatan hingga Kantor Desa.

Plt Kepala Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana (PTRRB) OR PPT BRIN yang diwakili Group Leader WBS 4, Akhmadi Puguh Raharjo mengatakan sosialisasi ini sengaja dilakukan untuk mengedukasi masyarakat terkait manfaat InaBuoy serta menggalang dukungan demi menjaga kelanjutan operasional alat tersebut.

Baca juga: Ketua DPD RI Berharap BRIN Jadi Lokomotif Kedaulatan Teknologi Nasional

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas