Tribun

Virus Corona

Guru Besar FKUI: Kasus Covid di RI Sudah Cukup Rendah Jangan Sampai Naik Lagi

Ke depan pengetatan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat tidak perlu menunggu kenaikan kasus sampai 10 kali lipat.

Editor: Choirul Arifin
Guru Besar FKUI: Kasus Covid di RI Sudah Cukup Rendah Jangan Sampai Naik Lagi
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Kepala Sekolah SMP IT PAPB HM Ramelan mendampingi sejumlah siswanya menjalani vaksinasi tahap dua di Aula Sekolah SMP IT PAPB Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/10/2021). (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribun Network, Willy Widianto

TRIBUNNEWA.COM, JAKARTA - Guru Besar Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Tjandra Yoga Aditama mengatakan kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menetap cukup rendah.

Tugas bersama selanjutnya adalah bagaimana menjaga kasus tidak naik lagi

"Yang perlu dilakukan adalah menjaga agar jangan sampai naik lagi. Kita lihat pengalaman banyak negara yang angkanya sudah cukup lama rendah, tapi memang ada juga yang naik lagi," kata Tjandra Yoga Aditama, Minggu(3/10/2021).

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19. Salah satunya dengan mengurangi jumlah orang yang menularkan Covid-19.

Keberadaan orang yang positif Covid-19 harus diketahui walau tanpa gejala. "Untuk ini harus dilakukan tes, telusur, dan terapi serta isolasi secara maksimal," ujar Tjandra.

Cara lainnya untuk mencegah kenaikan kasus dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

Baca juga: Update Covid-19 Global 3 Oktober 2021: Indonesia Urutan 43 Negara dengan Kasus Aktif Tertinggi Dunia

"Kalau seseorang positif Covid-19 tapi dia pakai masker dan menjaga jarak, tentu kemungkinan menularkan penyakit menjadi lebih kecil, walaupun seharusnya tentu diisolasi dan dikarantina," katanya.

Selain itu, perlu membatasi moda dan cara penularan dengan tetap menjaga ketat 3 M yang jelas-jelas berperan amat penting dalam menurunkan kemungkinan tertular.

Baca juga: Bisa Daftar Vaksin hingga Cek Gejala Covid, Yuk Kenal Lebih Dalam Aplikasi JAKI

"Jadi harus terus diterapkan secara ketat dan nampaknya masih akan kita lakukan dalam jangka waktu panjang," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas