Tribun

Pulang ke Tanah Air, Dubes Sukmo Harsono Blusukan Cari Produk untuk Genjot Ekspor ke Amerika Latin

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono, pulang ke tanah air untuk melakoni sejumlah kunjungan kerja.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Miftah
zoom-in Pulang ke Tanah Air, Dubes Sukmo Harsono Blusukan Cari Produk untuk Genjot Ekspor ke Amerika Latin
Tribunnews/ist
Duta Besar (Dubes) RI untuk Panama, Sukmo Harsono (kiri), mengunjungi kawasan pengrajin kayu dan rotan di wilayah Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10/2021). Sukmo Harsono mengagendakan blusukan di sejumlah industri untuk meningkatkan ekspor produk potensial Indonesia ke wilayah Amerika Latin dan Karibia. 

TRIBUNNEWS.COM - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono, pulang ke tanah air untuk melakoni sejumlah kunjungan kerja.

Sukmo Harsono mengagendakan blusukan di sejumlah industri untuk mencari produk yang bisa diekspor ke wilayah Amerika Latin dan Karibia.

Salah satunya, ia mengunjungi kawasan pengrajin kayu dan rotan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10/2021).

Tepatnya di wilayah Desa Trangsan, Kecamatan Gatak.

Sebagai dubes, kata Sukmo, ia menjadi sales negara untuk menggenjot ekspor.

"Kepulangan saya ke tanah air bukan untuk cuti atau liburan, tapi benar-benar mendatangi sentra-sentra industri, baik tekstil, kerajinan kayu rotan, ataupun industri yang lain, yang bisa kita bawa ke Panama, untuk saya sales-kan," ungkap Sukmo kepada Tribunnews.com.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono, mengunjungi kawasan pengrajin kayu dan rotan di di wilayah Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10/2021). Sukmo Harsono mengagendakan blusukan di sejumlah industri untuk meningkatkan ekspor produk potensial Indonesia ke wilayah Amerika Latin dan Karibia.
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono, mengunjungi kawasan pengrajin kayu dan rotan di di wilayah Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10/2021). Sukmo Harsono mengagendakan blusukan di sejumlah industri untuk meningkatkan ekspor produk potensial Indonesia ke wilayah Amerika Latin dan Karibia. (Tribunnews/Ist)

Baca juga: Kemendag Sukses Cetak UKM Eksportir, Damar Batu dan Lidi Sawit Tembus Pasar Asia Selatan

Sukmo menyebut, diplomasi ekonomi menjadi tugas pokok yang menjadi prioritas saat ini, sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada pokoknya tujuannya meningkatkan volume ekspor kita ke luar negeri, atau mencari produk baru yang bisa diekspor ke luar negeri, khususnya ke wilayah Amerika Latin dan Karibia."

"Jadi saya ini menjadi sales negara untuk membantu para eksportir Indonesia agar mampu menembus pasar Amerika Latin," imbuhnya.

Sukmo diketahui juga merangkap sebagai Dubes Indonesia untuk Honduras, Kosta Rika, dan Nicaragua.

Baca juga: Genjot Pasar Luar Negeri, 6 Ton Salak Pondoh Yogyakarta Tembus Ekspor ke Kamboja

Bertemu dengan HIMKI

Sementara itu dalam kunjungannya hari ini, Sukmo bertemu dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Solo Raya.

Pertemuan itu dilangsungkan di PT Kharisma Rotan Mandiri, Gatak, Sukoharjo.

Sukmo berdiskusi langsung dengan para pengusaha dan eksportir.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono (dua dari kiri), saat berdiskusi dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Solo Raya, Sabtu (9/10/2021). Pertemuan itu dilangsungkan di salah satu perusahaan di kawasan pengrajin kayu dan rotan wilayah Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono (dua dari kiri), saat berdiskusi dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Solo Raya, Sabtu (9/10/2021). Pertemuan itu dilangsungkan di salah satu perusahaan di kawasan pengrajin kayu dan rotan wilayah Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah. (Tribunnews/ist)
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas