Tribun

Sosok Komjen Paulus Waterpauw, Putra Papua yang Ditunjuk Jokowi Jadi Pejabat BNPP

Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw menjadi Deputi di BNPP.

Penulis: Adi Suhendi
Sosok Komjen Paulus Waterpauw, Putra Papua yang Ditunjuk Jokowi Jadi Pejabat BNPP
Twitter BNPP
Mendagri Tito Karnavian (kiri) melantik Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw (kanan) menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Pelantikan digelar di kantor BNPP, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021) pagi.

Paulus Paulus Waterpauw dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 147/TPA Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan pimpinan tinggi madya di lingkungan BNPP.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkap Paulus Waterpauw memiliki kompetensi dalam mengemban jabatan tersebut.

Terlebih, putra asli Papua tersebut pernah mengemban sejumlah jabatan strategis saat berdinas di kepolisian

“Pengalaman bukan hanya di Papua, yang merupakan salah satu daerah yang banyak perbatasannya baik darat maupun laut, tapi beliau juga pernah di Sumatera Utara," kata Tito dikutip dari keterangan BNPP, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Paulus pun dianggap memiliki pemahaman yang konprehensif tentang Indonesia, karena pernah menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Baca juga: Pemuda Panca Marga Papua Apresiasi Jabatan Baru Komjen Paulus Waterpauw di Kemendagri

"Mantan Kepala Intelijen Polri otomatis juga memiliki pemahaman Indonesia secara menyeluruh lengkap sehingga Bapak Presiden memberikan kepercayaan dengan Kepresnya kepada Bapak Paulus Waterpauw sebagai deputi dengan segala pengalaman dan pengetahuan beliau yang jam terbangnya sudah tinggi," ujarnya.

Tito pun merasa bangga dengan penunjukan Paulus menjadi pejabat di BNPP.

"Kita juga merasa bangga karna anak Papua bisa jadi pejabat tinggi yang cukup menentukan negara ini,” ujarnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas