Tribun

Era Disrupsi Digital, Pengguna Medsos Akan Dijamin Kendali Atas Data Pribadinya

media sosial, tentu tak lepas dari penggunaan data pribadi yang saat ini banyak kasus perihal data pribadi seseorang. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Wahyu Aji
Era Disrupsi Digital, Pengguna Medsos Akan Dijamin Kendali Atas Data Pribadinya
IST
Ilustarasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat Indonesia saat ini telah memasuki era disrupsi digital, dimana aktivitas masyarakat dinilai memiliki angka yang tinggi dalam penggunaan media sosial. 

Bicara media sosial, tentu tak lepas dari penggunaan data pribadi yang saat ini banyak kasus perihal data pribadi seseorang. 

Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo bersama DPR RI berupaya dalam pembuatan payung hukum atau RUU Perlindungan Data Pribadi untuk menopang masyarakat dalam memperkuat kontrol atas data pribadinya.

Demikian kesimpulan dalam diskusi Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk 'Hak Pemilik Data, Dilema Auto Profiling' yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (19/10/2021). 

Agenda Webinar ini diikuti oleh Bobby Adhityo Rizaldi selaku Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Golkar dan Semuel A. Pangerapan selaku Dirjen Aplikasi Informatika. 

Selain itu, terdapat narasumber lainnya yakni Tony Haryadi sebagai Accenture sekaligus Pegiat Media Komunikasi dan Teknologi, Sih Yuliana Wahyuningtyas dari Universitas Atma Jaya dan Danny Ardianto selaku Government Affairs and Public Policy Google. 

"Kehadiran pandemi dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara kita beraktifitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa kita tengah menghadapi era disrupsi teknologi," kata Semual A. Pangerapan. 

Webinar ini juga membahas mengenai peranan dan kontribusi generasi muda dalam meningkatkan produktivitas di era pandemi dan mengembangkan ekonomi digital. 

Bobby Adhityo Rizaldi dalam pengantarnya menyampaikan 3 prinsip penting tentang Hak Pribadi. 

"Dalam hak pribadi seseorang harus memiliki 3 prinsip penting agar kita memahami hak kita dalam penggunaan data pribadi baik bagi diri sendiri maupun kepada orang lain, adapun prinsip penting hak pribadi tersebut yakni hak pribadi itu untuk tidak diusik oleh orang lain dalam kehidupan pribadinya, hak juga untuk merahasiakan informasi-informasi yang bersifat sensitif yang menyangkut diri seseorang, kemudian hak juga untuk mengontrol penggunaan data pribadi seseorang oleh pihak-pihak lain," kata Bobby. 

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas