Tribun

Jelang Hari Pahlawan, Mensos Risma Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien

Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Sumedang.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
Jelang Hari Pahlawan, Mensos Risma Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien
Istimewa
Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut Peringatan Hari Pahlawan, Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Sumedang.

Mensos menyatakan kehadirannya untuk mengenang jasa besar Cut Nyak Dhien memperjuangkan kemerdekaan.

Keberadaan makam Cut Nyak Dhien di Sumedang, menurut Risma, sudah menunjukkan betapa berat perjuangan perempuan pahlawan dari Aceh ini.

“Beliau dimakamkan di sini sebetulnya kan merupakan pembuangan oleh penjajah. Di era itu, dibuang ke Sumedang, sudah seperti dibuang ke negara lain," kata Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Perjuangan Cut Nyak Dhien patut menjadi teladan generasi bangsa saat ini. Risma mengatakan Cut Nyak Dhien gigih berjuang dan bersikukuh enggan menyerah.

Baca juga: Menteri Risma Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Ternyata Ini Tujuannya

Menurut Risma, Cut Nyak Dhien terus menggelorakan perlawanan terhadap kolonial Belanda dari pedalaman Aceh, kendati kondisi fisiknya sudah sangat memperihatinkan.

“Beliau tidak mau menyerah. Meskipun sudah lemah dan pandangannya terganggu. Tetap berjuang dari dalam hutan," ungkap Risma.

"Kita meraih kemerdekaan dengan berjuang melawan penjajah. Ada beberapa bangsa yang kemerdekaannya diberi oleh penjajah. Kita harus bangga," tambah Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya ini ingin generasi muda yang tidak merasakan perjuangan fisik meraih kemerdekaan, agar mengenang, menghargai dan meneladani perjuangan para pahlawan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas