Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Ajak Emirat Arab Investasi Bangun Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur

Jokowi menyampaikan tiga sektor pembangunan di Indonesia yang bisa dijadikan prioritas kerja sama antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi Ajak Emirat Arab Investasi Bangun Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur
Biro Pers Sekretariat Presiden /Laily Rachev
Presiden Joko Widodo ditemani Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan saat berkunjung ke Dubai Expo, Kamis (4/11/2021). Dalam kunjungan kerjanya ke Dubai Expo 2021, Presiden Joko Widodo mendatangi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab (UEA) di ajang besar tersebut. TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachecv 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga sektor pembangunan di Indonesia yang bisa dijadikan prioritas kerja sama antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA). Salah satunya adalah pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Indonesia – PEA Investment Forum yang berlangsung di Dubai, Kamis (4/11/2021) waktu setempat.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara Indonesia-PEA Investment Forum yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk untuk PEA Husin Bagis serta Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

"Untuk membangun ibu kota baru setidaknya dibutuhkan dana sebesar USD35 miliar (setara dengan Rp 500 triliun lebih)," ucap Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan Ibu Kota Negara itu menjadi salah satu sektor yang bisa dijadikan prioritas kerja sama antara Indonesia dan UEA.

Sektor kedua adalah di bidang transisi energi. Jokowi berkomitmen akan lakukan transisi ini sebaik mungkin dengan mengundang investor dan teknologi dengan harga terjangkau.

Presiden Joko Widodo ditemani Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan saat berkunjung ke Dubai Expo, Kamis (4/11/2021). Dalam kunjungan kerjanya ke Dubai Expo 2021, Presiden Joko Widodo mendatangi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab (UEA) di ajang besar tersebut. TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachecv
Presiden Joko Widodo ditemani Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan saat berkunjung ke Dubai Expo, Kamis (4/11/2021). Dalam kunjungan kerjanya ke Dubai Expo 2021, Presiden Joko Widodo mendatangi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab (UEA) di ajang besar tersebut. TRIBUNNEWS/Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachecv (Biro Pers Sekretariat Presiden /Laily Rachev)
BERITA REKOMENDASI

"Jika Anda tertarik melakukan investasi untuk energi baru dan terbarukan, ini adalah saat yang tepat. Potensi yang dimiliki Indonesia cukup banyak dan beragam, hidro, surya, panas bumi dan lain-lain," kata tutur Jokowi di depan para investor UEA.

Sektor kedua adalah di bidang transisi energi. Presiden Jokowi berkomitmen akan lakukan transisi ini sebaik mungkin dengan mengundang investor dan teknologi dengan harga terjangkau.

Sektor prioritas ketiga yang disampaikan Presiden adalah di sektor perdagangan.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya diversifikasi perdagangan dan mulai menegosiasikan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA).

"Saya harapkan pada Maret tahun depan perundingan sudah akan selesai," ujar Presiden Jokowi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat acara Indonesia - PEA Investment Forum di Dubai menambahkan selain membangun Ibu Kota Negara yang membutuhkan dana sebesar 35 miliar dolar AS, hal lainnya adalah kerja sama di bidang transisi energi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Putra Mahkota Abu Dhabi Dampingi Presiden Jokowi Tonton Pertunjukan Budaya di Dubai

"Bapak Presiden menyampaikan akan melakukan transisi sebaik mungkin, dengan mengundang investor dan teknologi dengan harga terjangkau," ujar Airlangga.

"Saat ini adalah saat yang tepat bagi PEA jika tertarik melakukan investasi untuk energi baru dan terbarukan, karena potensi yang dimiliki oleh bangsa kita cukup banyak dan beragam," sambungnya.

Menurut Airlangga, sektor prioritas ketiga yang disampaikan dalam forum ini yaitu sektor perdagangan.

Presiden Jokowi, kata Airlangga, menekankan pentingnya diversifikasi perdagangan.

Selain itu, penting pula bagi kedua pihak untuk menyelesaikan proses penyusunan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang ditargetkan akan selesai Maret 2022.

"Kita semua berharap tentunya kerja sama ini dapat terus terjalin, sehingga mendatangkan manfaat (baik) untuk bangsa kita, maupun untuk PEA," paparnya. (tribun network/taufik/sen)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas