Tribun

PON Papua

PON XX Berjalan Sukses dan Aman, BNPT Apresiasi Tokoh dan Masyarakat Papua

Apresiasi dilayangkan Boy Rafli kepada masyarakat dan tokoh-tokoh di Papua yang turut andil mendukung kesuksesan dan keamanan penyelenggaraan PON XX.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
PON XX Berjalan Sukses dan Aman, BNPT Apresiasi Tokoh dan Masyarakat Papua
istimewa
Komjen Boy Rafli Amar. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua telah berakhir beberapa pekan lalu. Perhelatan PON berlangsung aman dan sukses.

Menyikapi keberhasilan tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, mengapresiasi peran serta TNI-Polri yang melakukan upaya-upaya penegakan hukum di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, apresiasi juga dilayangkan Boy Rafli kepada para masyarakat dan tokoh-tokoh di Papua yang turut andil mendukung kesuksesan dan keamanan penyelenggaraan olahraga empat tahunan itu.

"Keberhasilan dari mewujudkan PON yang aman dan damai tidak lepas dari peran serta dari mereka, jadi tidak serta merta itu menjadi domain dari aparat keamanan saja tetapi tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat itu menjadi bagian yang penting dalam memberikan suasana yang aman, damai," kata Boy dalam siaran langsung Power Breakfast radio Elshinta, Senin (8/11/2021).

Mantan Kapolda Papua tersebut mengungkapkan, keberhasilan terselenggaranya PON XX Papua ini merupakan sangkut paut dari keseluruhan stakeholder yang terkait.

Baca juga: Dukung Peparnas XVI Papua, Hastag #Paralimpiade2021 Jadi Trending Topic di Twitter

Dia menilai, kerja sama di antara aparat keamanan, pihak penyelenggara hingga masyarakat dan tokoh-tokoh di Papua terjalin dengan sangat baik.

"Kita bersyukur bahwa perhelatan besar di Papua yang pertama kali PON itu bisa diselenggarakan dan sukses dan membanggakan kita semuanya," kata Boy.

Adapun dari gelaran olahraga terbesar di Indonesia itu kata Boy, telah memberikan sumbangsih yang besar untuk aset yang dimiliki masyarakat Papua.

Di antaranya beberapa pembangunan dan pembaruan infrastruktur dan venue olahraga di Papua yang memiliki standar nasional maupun internasional.

Hal itu diyakini akan menjadi pemecut semangat dan mendukung para pemuda di Kota Cendrawasih itu untuk lebih berprestasi di masa mendatang.

"Jadi ini memberikan ruang yang bagus bagi pemuda-pemudi Papua untuk terus berprestasi, jadi efek dominonya dari penyelenggaraan PON ini memberikan sebuah ruang yang sangat positif kemajuan dari masyarakat Papua," kata dia.

"Kita ikut bangga tentu Papua adalah bagian dari negara kita yang harus kita dukung jadi berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," ujar Boy.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas