Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek: PKN 2021 jadi Wadah Gali Kekayaan Potensi Budaya 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid berharap PKN 2021 menjadi wadah pemanfaatan kekayaan potensi budaya setempat.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kemendikbudristek: PKN 2021 jadi Wadah Gali Kekayaan Potensi Budaya 
Istimewa
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid berharap PKN 2021 menjadi wadah pemanfaatan kekayaan potensi budaya setempat.

Menurutnya, budaya dapat memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masalah-masalah dunia. 

“Sudah waktunya Cerlang Nusantara itu menjadi pandu kita bersama menuju masa depan pascapandemi. Kearifan lokal dari segenap warisan budaya kita akan menjadi terang yang membimbing jalannya bangsa Indonesia mencipta kewajaran baru yang tidak sekadar mengulang kewajaran lama,” ucap Hilmar dalam pembukaan PKN 2021 secara virtual.

Keanekaragaman budaya, kata Hilmar, dapat menjadi sarana untuk memecahkan aneka persoalan bangsa dan memberi jaminan keselamatan hidup bagi segenap warga bangsa. 

Khususnya dalam pemenuhan segi-segi kehidupan yang paling mendasar.

“Keseluruhan khazanah tradisi hari ini adalah buah dari adaptasi, inovasi, dan hibridisasi yang membuat kita sebagai bangsa semakin berketahanan dalam menghadapi aneka tantangan hidup,” jelas Hilmar.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, kegiatan pra-PKN 2021 telah diselenggarakan secara daring sejak Juli 2021. Puncaknya dilaksanakan pada 19-26 November 2021. 

Proses perekaman untuk tayangan Puncak PKN dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan di beberapa daerah di Indonesia. 

Masyarakat dapat menyaksikan siaran perdana PKN di kanal indonesiana atau dapat mengakses konten lengkapnya melalui PKN

Beberapa program PKN yang digelar terdiri dari: 17 kompetisi budaya, 23 lokakarya, 11 sesi simposium, 60 pergelaran, pameran dan 20 sesi konferensi.

Baca juga: Bangkitkan Semangat Film Indonesia, Kemendikbudristek Gelar Nonton Bareng di Bioskop

Pada perhelatan tahun ini, proses kuratorial dikerjakan secara gotong royong oleh tiga kurator yang sudah lama berkecimpung dalam isu sandang, pangan, papan yakni: Samuel Wattimena, Helianti Hilman, dan Yori Antar. 

Selain itu, terdapat lebih dari 70 pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah yang merupakan rangkaian kegiatan pendahuluan menuju PKN 2021.

Ada 19 negara sahabat dari Kedutaan Besar dan Pusat Kebudayaan Asing di Jakarta yang berpartisipasi dalam ragam budaya Internasional dengan mengirimkan konten video yang merepresentasikan tema PKN dari negara masing-masing. 

Beberapa musisi, yakni Slank, Titi DJ, Reza Artamevia, Diskoria, Shine of Black, Godbless, Viky Sianipar, dan Voice of Baceprot terlibat di dalam kegiatan ini. Para sutradara seperti Hanung Bramantyo, Riri Riza, Jay Subyakto, dan beberapa nama lain pun ikut berpartisipasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas