Tribun

BPJS Kesehatan Raih Penghargaan Tingkat ASEAN dalam Inovasi Layanan Digital

BPJS Kesehatan meraih penghargaan tingkat internasional yang diberikan ASEAN Social Security Association (ASSA)

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
BPJS Kesehatan Raih Penghargaan Tingkat ASEAN dalam Inovasi Layanan Digital
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Jumat (26/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BPJS Kesehatan meraih penghargaan tingkat internasional yang diberikan ASEAN Social Security Association (ASSA) dalam The 38th ASSA Recognition Award 2021, untuk kategori Continuous Improvement Recognition Award.

Penghargaan diberikan atas inovasi melalui Online Health Consultation and Administrative Service atau Konsultasi Kesehatan Online dan Layanan Administrasi BPJS Kesehatan.

Penghargaan diberikan ASSA Chairman HE Heng Sophannarith secara daring kepada Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Jumat (26/11/2021).

“Seiring mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia membuat cukup banyak peserta JKN-KIS memiliki keterbatasan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan karena khawatir akan terpapar virus. Kondisi tersebut mendorong BPJS Kesehatan untuk mengambil langkah strategis dalam memastikan kesejahteraan dan kepuasan anggota melalui inovasi layanan digital. Kami sampaikan terima kasih kepada ASSA atas penghargaan yang diberikan,” kata Ghufron.

Sepanjang pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan mengembangkan layanan konsultasi online dengan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui aplikasi Mobile JKN dan Mobile JKN Faskes.

Baca juga: Sukses Pertahankan Brand Image, BPJS Kesehatan Sabet Indonesia Best Brand Award 2021

Layanan konsultasi online tersebut dapat memudahkan peserta untuk berinteraksi dengan dokter di FKTP serta memantau perawatan dan status kesehatan mereka.

Interaksi yang dilakukan antara peserta dengan dokter nantinya akan terhitung sebagai angka kontak yang bisa diperhitungkan sebagai penilaian kinerja kepada FKTP.

Inovasi ini mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara RI, dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021.

Baca juga: Dirut BPJS Ketenagakerjaan Ungkap Pentingnya Pemanfaatan Teknologi untuk Perlindungan Sosial

BPJS Kesehatan juga meluncurkan berbagai inovasi layanan administrasi kepesertaan tanpa tatap muka, diantaranya Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), BPJS Kesehatan Care Center 165, Mobile JKN dan melalui direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas