Tribun

Virus Corona

Ini Aturan Baru Perjalanan Darat dan Udara, Berlaku Selama Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Satgas Covid-19 mengeluarkan aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Editor: Hasanudin Aco
Ini Aturan Baru Perjalanan Darat dan Udara, Berlaku Selama Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ NUR ICHSAN
TES ANTIGEN - Suasana kesibukan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (3/11/2022). Para pengguna angkutan udara menyambut baik upaya pemerintah yang akan menerapkan persyaratan penerbangan dengan menggunakan Tes Antigen yang akan mulai berlaku pada 5 November mendatang, tapi sayangnya hanya berlaku untuk Pulau Jawa dan Bali saja. WARTA KOTA/ NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 mengeluarkan aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Aturan yang tertuang dalam SE 24 Tahun 2021 ini menjelaskan periode libur Nataru yakni mulai tanggal 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022.

Dalam SE tersebut dijelaskan pelaku perjalanan darat dan udara.

Berikut ulasan lengkapnya yang dirangkum Tribunnews.com, Rabu (1/12/2021) dari sumber resmi dan terpercaya:

Aturan Perjalanan Darat

Perjalanan darat baik menggunakan mobil pribadi dan transportasi umum antarkota wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Kemudian wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam atau hasil negatif rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Namun khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu wilayah atau kawasan aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan.

"Pelaku perjalanan pribadi jarak jauh Jawa-Bali bisa tes PCR atau antigen, tapi sudah harus vaksin," ujar Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid- 19 Alexander Ginting, Selasa (30/11/2021) seperti dikutip dari Kompas.TV.

Baca juga: Masyarakat Diimbau Tunda Liburan Nataru untuk Keselamatan Bersama

Alexander menjelaskan aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat di masa libur Nataru sebagai turunan dari implementasi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2 dan level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas